BNPB Beri Dana Sewa Rumah Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Desy Setyowati
5 Desember 2021, 16:11
gunung semeru, erupsi, bencana, bantuan
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.
Seorang warga mengangkut barang yang bisa diselamatkan dari rumahnya yang hancur akibat erupsi gunung Semeru di desa Supiturang, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan dana tunggu kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat erupsi Gunung Semeru. Uang ini bisa digunakan untuk menyewa rumah.

Sejumlah rumah warga rusak akibat tertimbun abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru. Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengatakan, instansi akan membangun kembali rumah masyarakat yang rusak.

“Selagi menunggu dibangun, kami akan memberikan dana tunggu kepada mereka yang terkena dampak, untuk menyewa rumah sementara selama enam bulan,” kata Suharyanto dalam keterangan pers, Minggu (5/12).

Ia berharap, rumah warga yang rusak dapat dibangun kembali di lokasi yang lebih aman selama enam bulan. Saat ini, rencana pembangunan menunggu izin pengggunaan lahan dari pemerintah daerah (pemda).

“BNPB bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Dinas PUPR akan terus mengawal perizinan itu,” ujar dia.

Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansah menambahkan, setiap kepala keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan dan tidak dapat ditinggali kembali, akan mendapatkan Rp 500 ribu per bulan. Ini diberikan selama enam bulan.

Hingga saat ini, BNPB, BPBD, dan instansi terkait masih melakukan asesmen dan pendataan cepat kerusakan rumah akibat erupsi Gunung Semeru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...