BUMN Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Sorta Tobing
5 Desember 2021, 14:59
Gunung Semeru, Kementerian BUMN, BUMN, erick thohir, erupsi
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc
Seorang warga mengangkut barang yang bisa diselamatkan dari rumahnya yang hancur akibat erupsi Gunung Semeru di Desa Supiturang, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Perusahaan-perusahaan pelat merah alias badan usaha milik negara (BUMN) mul;ai menyalurkan bantuan untuk para korban Bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur. Bantuan itu terdiri dari 12 unit mobil evakuasi, air mineral, masker, makanan siap saji, seliput, dan 245 pake survival kit.

Seluruhnya telah tiba di tiga desa dan dua kecamatan yang terdampak. "Saya berharap bantuan yang dikoordinir BUMN itu dapat membantu para pengungsi dan juga meringankan pemda setempat dalam menghadapi bencana ini," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/12).

Erupsi Gunung Semeru diawali dengan guguran awan panas yang meluncur di wilayah Lumajang pukul 13.30 WIB. Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), seismogram amplitudo mencatat angka maksimum 25 milimeter (mm) saat erupsi terjadi. Sejak tahun 2012, status Gunung Semeru selalu berada pada Waspada Level II.

Bank pelat merah BRI, melalui CSR BRI Peduli, termasuk yang memberikan bantuan untuk para pengungsi. Dari mulai mobil evakuasi, makanan, hingga obat-obatan.

Bantuan tersebut disalurkan oleh para pekerja yang disebut insan BRIlian, melalui unit kerja terdekat dengan wilayah bencana, yaitu Regional Office BRI Malang, Cabang BRI Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Probolinggo, dan Jember. 

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan BRI Group mulai memberi bantuan sejak kemarin. "Kami terus berkoordinasi dan menyalurkan bantuan ke posko-posko evakuasi, itu prioritas utama kami", ujarnya.  

Layanan perbankan pada unit kerja dan operasional BRI di wilayah sekitar Gunung Semeru tidak terdampak signifikan. Seluruh layanan tetap berjalan normal agar kegiatan perekonomian dapat segera berangsur pulih.

Masyarakat juga masih bisa mengakses layanan transaksi melalui ATM, CRM, hingga AgenBRILink. Selain itu, layanan perbankan digital BRI, seperti BRImo, mobile banking, dan internet banking tetap tersedia untuk melayani kebutuhan perbankan masyarakat.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...