Pemerintah Antisipasi Erupsi Susulan Gunung Semeru Akibat Hujan Deras

Desy Setyowati
5 Desember 2021, 19:04
gunung semeru, hujan, bencana
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/pras.
Relawan mengamati kepulan asap yang berasal dari material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan pencarian warga yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru. Namun, pemerintah mengantisipasi curah hujan yang tinggi.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengatakan, masih ada potensi hujan intensitas ringan hingga sedang di sekitar Gunung Semeru. “Siang ada potensi lebat sampai tiga hari ke depan,” kata dia saat konferensi pers, Minggu (5/12).

Ia menyampaikan, tim pencarian dan pengungsi harus mewaspadai potensi hujan, terutama di daerah lereng atau puncak gunung.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono sepakat bahwa curah hujan harus diwaspadai. “Semoga tidak ekstrem, sehingga tak memicu hal lain,” ujar dia.

Saat ini, Badan Geologi masih memantau dan mencari data-data guna memastikan penyebab erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...