Menteri Luhut: Boleh Beraktivitas di Tempat Publik Asal Vaksin 2 Kali

Desy Setyowati
16 Januari 2022, 18:29
luhut, menteri luhut, covid-19, omicron, vaksin covid-19, vaksin corona
Humas Setkab/Agung Bin
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan keterangan pers setelah Rapat Terbatas mengenai Evaluasi PPKM, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (10/01/2022)

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, kebijakan terkait protokol kesehatan akan diperketat guna mengantisipasi penyebaran virus corona varian Omicron. Hanya warga yang sudah divaksinasi Covid-19 dua dosis yang bisa beraktivitas di tempat publik.

“Oleh karena itu, beberapa juta orang yang belum (mendapat) vaksinasi dua kali di Jawa – Bali, supaya melakukan ini,” ujar Luhut saat konferensi pers virtual, Minggu (16/1).

Ia menjelaskan, pemerintah memantau pola penyebaran Covid-19 di Inggris dan Afrika Selatan. Keduanya dan beberapa negara telah melewati puncak kasus virus corona varian Omicron.

Sedangkan India, Thailand, Filipina masih mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang cukup tinggi.

"Berdasarkan data yang kami amati, berangkat dari kasus di Afrika Selatan, puncak gelombang varian Omicron diperkirakan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret," kata dia.

Merujuk pada kasus Covid-19 varian Omicron di beberapa negara, gejalanya memang lebih ringan dibandingkan Delta. Namun, “jumlah perawatan rumah sakit dan tingkat kematian di Inggris lebih tinggi dari Delta. Ini harus kami hindari,” katanya.

Ia mencatat, kasus harian Covid-19 di Indonesia mulai menembus angka 1.000. Walaupun kemudian turun menjadi 855 hari ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...