Ada Konstruksi MRT, Simpang Thamrin – Kebon Sirih Satu Arah Hari Ini

Image title
Oleh Antara
5 Februari 2022, 08:21
konstruksi mrt, mrt, jalan mh thamrin, jalan kebon sirih
ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf/rwa.
Sejumlah pekerja menyeberang di Pelican Crossing Jalan MH Thamrin, Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Arus lalu lintas di persimpangan Jalan MH Thamrin dan Jalan Kebon Sirih diberlakukan satu arah mulai hari ini (5/2). Ini karena ada pekerjaan konstruksi MRT Jakarta Fase 2A.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendi Alhial, konstruksi MRT untuk pembangunan Stasiun Thamrin memasuki tahap power blender yakni stabilisasi tanah dan jet grouting atau perbaikan kualitas tanah.

Selain itu, sudah mulai memasang dinding penahan tanah (diaphragm wall) pada area timur, kingpost untuk stasiun, serta konstruksi traffic decking.

"Selama pekerjaan berlangsung, akan diterapkan manajemen rekayasa lalu lintas yang telah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ditlantas Polda Metro Jaya dan PT Transportasi Jakarta," kata Rendi dalam keterangan pers, Kamis (4/2).

Pengalihan lalu lintas dilakukan mulai hari ini (5/2) sampai 3 April. Perubahan ini meliputi:

  • Persimpangan MH Thamrin dan Kebon Sirih yang semula dua arah, menjadi hanya satu arah untuk lalu lintas Jalan Kebon Sirih dari arah Tanah Abang menuju Gondangdia dengan dua lajur kendaraan.
  • Jalan Kebon Sirih dari arah Gondangdia menuju Tanah Abang, dialihkan sampai Bundaran HI untuk berputar balik dan menuju Jalan Wahid Hasyim atau Kebon Sirih arah Tanah Abang.
  • Dari Jalan Sabang menuju Tanah Abang, namun ingin menghindari ganjil-genap, dapat berbelok ke kanan menuju Jalan Kebon Sirih lalu Jalan Jaksa. Kemudian menyeberang ke arah Tanah Abang melalui Jalan Wahid Hasyim.

Konstruksi kali ini merupakan bagian dari paket kontrak 201 (CP201) MRT Jakarta. Ini paket pertama dari proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 2A.

Cakupan pekerjaan konstruksinya yakni jalur terowongan bawah tanah sepanjang 2.677 meter, mulai dari kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Harmoni. Selain itu, pembangunan dua stasiun yaitu Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas.

PT MRT Jakarta (Perseroda) bersama Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV) selaku kontraktor pelaksana memastikan kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan tetap terjaga selama proses konstruksi berlangsung. Mereka akan memasang rambu lalu lintas, marka jalan dan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...