WHO Catat Ada 1.000 Kasus Cacar Monyet Secara Global

Amelia Yesidora
9 Juni 2022, 09:29
cacar monyet, who
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/WSJ/cf
Tabung reaksi berlabel "Positif virus cacar monyet" terlihat dalam ilustrasi yang diambil Minggu (22/5/2022).

Badan kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan, risiko penyakit cacar monyet alias monkeypox  mulai berkembang di negara non-endemik. Tercatat ada 1.000 kasus terkonfirmasi dari 29 negara sejak awal Mei hingga Rabu (8/6).

Meski penyebaran penyakit itu sudah keluar dari negara endemiknya di benua Afrika, WHO belum merekomendasikan vaksin massal untuk melawan virus tersebut. 

Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menjelaskan, vaksinasi bisa dipertimbangkan bila ada kontak jarak dekat dengan pengidap monkeypox. Idealnya, vaksin diberikan kepada seseorang empat hari setelah terpapar dari anggota keluarga atau pasangan. 

“Sejauh ini, tidak ada kematian yang dilaporkan di negara-negara ini. Kebanyakan kasus cacar air ditemukan pada pria yang berhubungan seks dengan pria, tetapi juga bisa yang lain,” kata Tedros dalam konferensi pers di Jenewa, dilansir dari AFP, Kamis (9/6).

Penyakit cacar monyet ini adalah endemik di sembilan negara di Afrika. Namun, dalam sebulan terakhir, penyakit ini dilaporkan ada di benua Eropa, seperti di Inggris, Spanyol, dan Portugal.

Gejala awal penyakit itu yakni demam tinggi, pembengkakan kelenjar getah bening, dan munculnya ruam seperti cacar air.

Penyebaran utama cacar monyet yaitu kontak erat. WHO juga masih mengkaji adanya kemungkinan risiko penularan melalui udara.

“Orang dengan gejala cacar monyet harus mengisolasi diri di rumah dan berkonsultasi dengan petugas kesehatan. Sedangkan orang yang ada di rumah yang sama harus menghindari kontak dengan pengidap,” ujar Tedros.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...