Telkomsel & Tri Bagikan Pulsa Gratis untuk Driver Ojol & Pasien Corona

Telkomsel menyediakan pulsa gratis bagi pengemudi ojek online. Sedangkan 3 Indonesia memberikan kuota internet gratis bagi pasien Covid-19 dan relawan.
Image title
15 April 2020, 10:15
Telkomsel & Tri Bagikan Pulsa Gratis untuk Driver Ojol & Pasien Corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, pengemudi ojek online menunggu penumpang di Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Perusahaan telekomunikasi Telkomsel menggalang donasi dalam bentuk voucher pulsa bagi mitra pengemudi ojek online. Hal serupa dilakukan oleh Tri Indonesia, dalam bentuk kartu perdana dengan kuota internet gratis kepada pasien terinfeksi Covid-19 dan relawan di Wisma Atlet Kemayoran.

Chief of Human Capital Telekomsel Irfan Tachrir mengatakan, pengemudi ojek online bisa mendapatkan voucher pulsa gratis itu melalui akses UMB Telkomsel. Sedangkan pelanggan yang ingin berdonasi bisa dengan cara mengetik *811#.

Kemudian memilih opsi prabayar atau pasca bayar. Nilai donasi yang disalurkan kepada pengemudi ojek online mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 25 ribu.

(Baca: MPR Targetkan Donasi Rp 1 Miliar untuk Ojol dan UMKM Terdampak Corona)

Advertisement

Irfan mengatakan, pekerja di sektor informal seperti pengemudi ojek online dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terpukul akibat pandemi corona. "Kebutuhan itu (internet) jadi besar. Di sektor informal pasti terdampak. Kami berharap fasilitas ini memberi manfaat," kata dia saat video conference, kemarin (14/4).

Donasi pulsa menjadi bagian dari progam yang digagas Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Selain pulsa, donasi bisa diberikan melalui opsi GoGive dari Gojek dan platform Kitabisa.com.

Pulsa gratis juga diberikan oleh perusahaan telekomunikasi lainnya Tri Indonesia. Ada 5.000 kartu perdana dengan kuota internet 25 GB gratis untuk pasien terjangkit virus corona dan relawan di Wisma Atlet Kemayoran.

"Dengan bantuan ini, pasien, relawan, dan tenaga medis di Wisma Atlet Kemayoran dapat tetap terhubung dengan keluarganya," ujar Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia Danny Buldansyah dikutip dari siaran pers.

(Baca: Pandemi Berlanjut, Internet Gratis Telkomsel hingga XL Diperpanjang)

Selain donasi pulsa, Tri memberikan bantuan optimalisasi jaringan di Wisma Atlet. Tri memasang unit teknologi penguat jaringan portabel Cell on Wheel (COW). Setelah uji coba lapangan, optimalisasi jaringan memungkinkan sinyal Tri menjangkau setiap sudut Wisma Atlet.

Sebelumnya, Tri juga membuka kanal donasi dalam bentuk paket data KitaBersatu. Pelanggan Tri bisa membayar Rp 10 ribu untuk paket data KitaBersatu 1,1 GB seharga Rp 9.000. Dengan begitu, pelanggan Tri dianggap telah mendonasikan Rp 1.000 untuk penanganan pandemi corona, yang akan disalurkan melalui UNICEF.

(Baca: 518 Hoaks Corona: Internet Gratis dan Dokter Italia Bunuh 3.000 Pasien)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait