Transaksi Naik, Hooq, iFlix, Viu dan GoPlay Beri Diskon Work from Home

Jumlah pengguna dan transaksi iFlix naik karena pandemi corona. GoPlay, Hooq dan Viu pun memberikan promosi atau diskon work from home.
Image title
24 Maret 2020, 14:33
Transaksi Naik, Hooq, iFlix, Viu dan GoPlay Beri Promo Work from Home
telkomsel
Ilustrasi, platform MAXstream Original yang merilis konten serial terbaru berjudul Cerita Kamu.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Hooq dan iFlix mencatatkan peningkatan transaksi pasca-imbauan kerja dari rumah (work from home) terkait pandemi corona. Perusahaan penyedia layanan video on demand lainnya seperti Viu dan GoPlay pun menawarkan diskon bagi pengguna yang ingin menonton film hingga serial di rumah.

Head of Marketing Iflix Indonesia Tiara Sugiyono menyebutkan, jumlah pengguna naik 25% sejak diberlakukannya work from home. Sedangkan lama penggunaan layanan meningat 35% untuk periode yang sama.

Ia menilai bahwa peningkatan terjadi bukan hanya karena pandemi corona, tetapi juga strategi perusahaan. iFlix merilis film Indonesia baru seperti Bike Boyz dan Trinity Traveller pekan ini, serta Eggnoid minggu depan.

(Baca: Saingi Iflix hingga Netflix, Gojek Perkuat GoPlay dengan Konten Lokal)

Tersedia juga film Dua Garis Biru, Wedding Agreement, Lampor, Bridezilla, Hit & Run, dan sebagainya. "Semuanya baru, langsung penayangannya setelah tayang di bioskop," ujar Tiara kepada Katadata.co.id, Selasa (24/3).

Perusahaan juga menawarkan promosi selama work from home. “Per hari ini kami memberikan ribuan akses gratis Iflix VIP selama sebulan penuh," ujar Tiara.

Hooq juga mencatatkan peningkatan trafik, namun tidak signifikan. “Kenaikan trafik berlangsung normal karena adanya konten baru yang ditayangkan,” kata Country Head Hooq Indonesia Guntur Siboro.

Perusahaan pun tidak memberikan promosi khusus selama work from home. Sebab, Hooq sudah memiliki layanan gratis.

(Baca: Bersaing Ketat dengan Facebook, TikTok Gaet iFlix Perkuat Pasar Asia)

Layanan VoD di aplikasi Gojek, GoPlay justru menawarkan promosi khusus bagi pengguna yang bekerja di rumah. Mereka memberikan akses gratis bagi bagi pengguna baru dan konsumen Gojek selama 23-29 Maret 2020.

“Para pengguna Gojek dapat menikmati konten-konten unik dan berkualitas dari GoPlay, baik film maupun serial, termasuk salah satu konten terbaru di GoPlay Original,” kata VP Marketing GoPlay Sasha Sunu dalam siaran pers.

Untuk mengakses layanan itu, pengguna dapat mengunduh dan login pada aplikasi GoPlay dengan nomor ponsel yang teregistrasi di aplikasi Gojek. Pengguna GoPlay yang sudah berlangganan sebelumnya akan mendapatkan tambahan  periode akses gratis.

Hanya, Sunu tidak memerinci besaran transaksi setelah diberlakukannya work from home. Begitu juga dengan Viu.

(Baca: Viu Jalankan Tiga Program untuk Memperkuat Film Nasional)

Namun, Viu menggelar promosi dengan kampanye #dirumahaja. Promosi itu berupa biaya berlangganan Rp 10 ribu per minggu, Rp 30 ribu per bulan, Rp 60 ribu untuk 90 hari, Rp 75 ribu per tiga bulan, dan uang kembali (cashback) Rp 30 ribu.

Katadata.co.id juga sudah menghubungi Netflix terkait transaksi sejak pemberlakuan work from home maupun promosinya. Namun, mereka enggan berkomentar.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, iFlix mengenakan tarif Rp 1.900 per hari, Rp 9.900 per minggu, Rp 39 ribu per bulan, dan Rp 374.400 per tahun. Sedangkan layanan Hooq dibanderol mulai dari Rp 3.900 per hari, Rp 24 ribu per minggu, Rp 69 ribu per bulan, dan Rp 414 ribu per tahun. Selain itu, ada promosi cashback 30% dari OVO.

Kemudian, GoPlay mengenakan biaya Rp 199 ribu per tiga bulan, Rp 209 ribu per enam bukan, dan Rp 499 ribu per tahun. Sedangkan Netflix memberikan paket berlanggan di ponsel Rp 49 ribu, dasar Rp 109 ribu, standar Rp 139 ribu, dan premium Rp 169 ribu.

(Baca: Saingi Netflix, Gojek Gaet Sutradara ‘Dua Garis Biru’ Lewat GoPlay)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait