Startup Besutan Andy Noya, BenihBaik.com Salurkan Donasi Rp 1 Miliar

Jurnalis senior Andy F Noya tengah mengajukan izin ke OJK, supaya Benihbaik.com bisa menyediakan layanan urun dana (crowdfunding) untuk UMKM.
Image title
7 Januari 2020, 19:42
Startup Besutan Andy Noya, BenihBaik.com Salurkan Donasi Rp 1 Miliar
Instagram/@benihbaik
Founder sekaligus CEO BenihBaik.com Andy F Noya bersama dengan Presiden Direktur JNE Mohamad Feriadi saat konferensi pers terkait kerja sama di Jakarta, Selasa (7/1).

Perusahaan rintisan BenihBaik.com telah menggalang dana untuk donasi Rp 1 miliar. Padahal, startup besutan jurnalis senior Andy F Noya baru berdiri empat bulan.

Startup urun dana (crowdfunding) itu telah menyalurkan donasi untuk 300 bantuan terkait pendidikan, kesehatan hingga keagamaan. "Fungsi platform ini mempertemukan orang-orang yang membutuhkan dan yang ingin memberikan pertolongan," ujar Founder sekaligus CEO BenihBaik.com Andy F Noya di Jakarta, Senin (7/1).

Ia mengatakan, ada dua pilar utama BenihBaik.com. Pertama, donasi untuk kegiatan sosial yang tersedia sejak Oktober 2019 lalu. Perusahaan ini sudah mendapat izin Pengumpulan Uang dari Kementerian Sosial dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kedua, penggalangan dana (equity) untuk kegiatan usaha. Saat ini, Benihbaik.com tengah mengajukan pendaftaran dan izin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk bisa menyediakan layanan ini.

“Untuk equity, kami rencananya mau menyasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pemberdayaannya luar biasa di daerah,” kata Andi. (Baca: Fintech Urun Dana Bizhare Target Biayai 200 UMKM Tahun Depan)

BenihBaik.com bisa diakses baik melalui situs web mobile ataupun aplikasi. Andi mengatakan, platform-nya sudah diakses 90 ribu pengunjung. Perusahaan juga menyediakan sarana pembayaran seperti OVO, DANA, LinkAja hingga transfer bank.

Andi berharap, pengumpulan donasi tahun ini meningkat signifikan dibanding 2019. Untuk itu, Benihbaik.com berfokus untuk berkolaborasi dengan banyak pihak.

Pada awalnya, BenihBaik.com menggalang donasi untuk mitra pengemudi Grab yang mengalami kesulitan. “Misalnya, kemarin ada pengemudi ojek online yang kecelakaan, masuk rumah sakit, harus operasi tetapi tidak punya dana. Kami bantu," ujar dia. 

(Baca: Donasi Digital Naik Lebih dari Dua Kali Lipat Sejak 2017)

BenihBaik juga bekerja sama dengan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) untuk memperluas cakupan donasi. Pada setiap paket yang dikirim melalui JNE akan ada kode Quick Response (QR code) yang memungkinkan pengguna berdonasi.

"Kerja sama dengan BenihBaik.com merupakan pengembangan untuk mengajak dan memudahkan setiap orang untuk berdonasi," ujar Presiden Direktur JNE Mohamad Feriadi.

Setidaknya, ada 300 ribu paket JNE yang dipasang kode QR Benihbaik.com untuk berdonasi. Hal ini akan dimulai bulan depan.

Di Indonesia, startup crowdfunding untuk kepentingan sosial yakni Kitabisa.com. Sedangkan yang menyediakan penggalangan dana untuk UMKM seperti Bizhare dan Santara.

(Baca: Fintech Urun Dana Asal Yogyakarta Jadi yang Pertama Dapat Izin OJK)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait