Sejajar Boyband Korea, Nadiem Paling Banyak Dicari di Google Tahun Ini

Selain Nadiem, BTS, Blackpink, Edhy Prabowo, Reino Barrack, Syahrini hingga Sandiaga Uno paling banyak dicari di Google Search tahun ini.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
11 Desember 2019, 17:06
Nadiem makarim tokoh yang paling banyak dicari Google Search pada 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Mendikbud Nadiem Makarim di halaman Istana Merdeka, Jakarta Puaat (23/10/2019).

Nadiem Makarim menjadi tokoh yang paling banyak dicari di mesin pencari Google Search tahun ini. Mantan Bos Gojek tersebut sejajar dengan boyband asal Korea Selatan BTS dan girlband Blackpink yang juga masuk 10 besar pencarian.

“Jumlah penelusuran Nadiem ada peningkatan selama tahun ini," ujar Head of Marketing Google Indonesia, Phillipines, dan NBU Asia Tenggara (SEA) Veronica Utami di kantor Google, Jakarta, hari ini (10/12).

Google Indonesia merilis data pencarian tahunan alias Year In Search 2019, yang menyebutkan Nadiem sebagai tokoh paling banyak dicari tahun ini. Veronica mengatakan, pemeringkatan ini dibagi dalam beberapa kategori, salah satunya tokoh.

Menurut dia, pencarian Nadiem di Google Search meningkat karena mantan Bos Gojek itu diangkat sebagai menteri pada akhir Oktober lalu. "Bisa jadi, karena peristiwa itu yang paling berkaitan (dengan Nadiem),” kata dia.

(Baca: Nadiem Sempat Ketakutan Saat Tulis Pidato Hari Guru yang Viral)

Sejauh ini, suatu kata kunci (keyword) menjadi tren karena ada faktor peristiwa. “Misalnya, Nadiem dan Wishnutama, kalau diperhatikan ada peristiwa yang terjadi terhadap mereka. Lalu membuat orang menjadi penasaran,” katanya.

Ada lima topik terkait Nadiem yang paling banyak ditelusuri. Di antaranya jabatan menteri, pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud), pidato, dan kabinet pemerintahan Indonesia. 

Dalam laporan Year In Search 2019, penelusuran terkait Nadiem Makarim paling banyak dilakukan pada Oktober 2019. Mayoritas pencari berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Banten, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan DKI Jakarta.

(Baca: Lima Ajakan Nadiem kepada Guru untuk Ubah Cara Mengajar di Kelas)

Tokoh yang paling banyak dicari lainnya yakni BTS atau akronim dari Beyond The Scene. Grup musik asal Negeri Ginseng itu juga dikenal dengan Bangtan Boys.  Edhy Prabowo, yang diangkat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada Oktober lalu juga masuk 10 besar.

Grup musik perempuan asal Korea Selatan, Blackpink juga masuk tokoh yang paling banyak dicari. Lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dan Putra Kedua BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie.

Reino Barrack dan istrinya, Syahrini juga masuk 10 besar pencarian di Google. Lalu Sandiaga Uno dan Wiranto.  (Baca: DPR Soroti Rencana KKP Hibahkan Kapal Pencuri Ikan kepada Nelayan)

Veronica menilai, data Year In Search 2019 menunjukkan bahwa tahun ini masyarakat Indonesia menaruh perhatian lebih terhadap perubahan dan harapan. "Baik terhadap diri sendiri, mulai dari reaksi dan konsumsi informasi, gaya hidup hingga sosok yang menginsipirasi perubahan," ujarnya.

Selain itu, Google merilis 10 kata kunci yang paling banyak dicari tahun ini. Di antaranya Cinta Luar Biasa, Pilpres 2019, Dua Garis Biru, Hidup Sehat, Budak Cinta (Bucin), KKN Desa Penari, Telur Gulung, Keluarga Cemara, Nadiem Makariem, dan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).

(Baca: Tunda Pengesahan RKUHP, Ketua DPR: Aspirasi Mahasiswa Sudah Terpenuhi)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait