Lazada Bangun Gudang Seluas 12 Kali Lapangan Sepak Bola di Thailand

Lazada ingin mengintegrasikan jaringan logistiknya dengan Alibaba.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
21 Maret 2019, 10:53
Lazada
Desy Setyowati/Katadata
Penghargaan bagi para brand dalam rangka ulang tahun Lazada ketujuh

Perusahaan e-commerce Lazada berencana membangun warehouse atau gudang barang di Thailand pada tahun ini. Luas dari fasilitas gudang ini rencananya mencapai 12 kali dari ukuran lapangan sepak bola.

Chief Executive Officer (CEO) Lazada Pierre Poignant berjanji, fasilitas ini menawarkan layanan penyimpanan dan pengiriman barang yang cepat untuk lintas negara (cross-border). Sebab, Lazada menetapkan batas waktu pengiriman maksimal 72 jam.

Langkah ini ditempuh karena Pierre menyadari bahwa logistik masih menjadi tantangan di Asia Tenggara. "Kami akan membuat jaringan ini dari jaringan logistik Alibaba," kata dia saat konferensi pers 7th Lazada Birthday Super Party di Hotel JW Marriot, Singapura, Kamis (21/3).

Saat ini, Lazada memiliki 30 gudang di enam negara yang menjadi cakupan yakni Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Indonesia, dan Thailand. Lazada sempat melayani pengiriman lebih dari 1 juta paket di seluruh Asia Tenggara dalam satu hari pada tahun lalu.

(Baca: Penjualan Produk Lintas Negara di Lazada Naik 460 % sejak 2016)

Untuk menghadapi lonjakan permintaan, Lazada pun bekerja sama dengan lebih dari 100 mitra logistik. Lazada juga menyewa tiga pesawat untuk mengirim lebih dari 200 ton paket dari penjual lintas negara (cross-border), terutama pada musim liburan.

Ia berkomitmen, Lazada akan terus berinvestasi terkait sistem pergudangan di Asia Tenggara. "Kami akan investasi besar di bidang logistik," kata dia 

LazMall adalah mal virtual yang terdapat di platform Lazada yang diluncurkan pada Agustus 2018. Para penjual yang ada di LazMall merupakan pemegang merek dan distributor resmi. Saat ini, seribu pemegang merek bergabung dengan LazMall. Layanan ini menawarkan tiga hal yakni keaslian produk, pengembalian 15 hari, dan pengiriman pada hari berikutnya.

Penjualan Lintas Negara

Pada tahun lalu, penjualan produk lintas negara di Asia Tenggara melalui Lazada tumbuh 4,6 kali lipat atau 460 % sejak 2016. Lazada berencana meningkatkan operasi penjualan produk merek internasional di platform-nya supaya pertumbuhan ini berlanjut.

(Baca: Bhinneka Gandeng Lazada, Targetkan Pertumbuhan 40%)

Wakil Presiden Komersial Lazada Group Jing Yin mengatakan ada 300 merek internasional yang bakal ditingkatkan operasi penjualannya. "Kami ingin berfungsi sebagai jembatan di antara kemitraan lintas negara dan menjadi bagian dari 560 juta konsumen di Asia Tenggara,” kata Yin dalam siaran resminya, beberapa waktu lalu (11/3).

Setidaknya ada lima pasar teratas dari penjualan lintas negara di Lazada yakni Tiongkok, Hong Kong, Korea, Amerika Serikat (AS), dan Eropa. Sementara produk yang paling banyak dibeli adalah busana wanita, peralatan rumah dan tempat tinggal, serta mode anak-anak.

 

Reporter: Desy Setyowati

Video Pilihan

Artikel Terkait