Rilis Fitur Ramadan, Gojek dan Grab Berebut Pasar di Tengah Pandemi

Desy Setyowati
24 April 2020, 12:20
Rilis Fitur Ramadan, Gojek dan Grab Berebut Pasar di Tengah Pandemi corona
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi, dua orang pengemudi ojek online berbincang di Jalan Thamrin, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Permintaan layanan taksi dan ojek online anjlok akibat pandemi coronaGojek dan Grab pun sama-sama merilis layanan khusus menyambut ramadan di tengah mewabahnya virus corona.

Gojek meluncurkan inisiatif eBadah atau ibadah elektronik pada hari ini, yang memuat lima layanan anyar. Di antaranya eSedekah, eBukber, eRezeki, eNgabuburit, dan eParsel.

Advertisement

Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan, layanan-layanan itu untuk membantu pengguna menjalani ramadan tahun ini. “Ini komitmen kami dalam memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat, termasuk di tengah Covid-19,” katanya dalam siaran pers, Jumat (24/4).

Solusi Buka Bersama atau eBukber untuk memudahkan pengguna menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa lewat layanan GoFood, GoMart, dan GoShop. Untuk mengirimkan makanan ke luar kota, bisa menggunakan fitur ‘Ganti Lokasi’.

(Baca: Ramadan Diwarnai PSBB & Larangan Mudik, Grab Rilis 9 Fitur dan Layanan)

Lalu, eSedekah lewat GoGive dengan menggandeng Baznas, Lazis Muhammadiyah, NU CARE-LazisNU, Rumah Zakat, Wahana Visi Indonesia, dan Indorelawan. Ada juga eRezeki lewat GoPay untuk kirim uang.

Kemudian, eNgabuburit dengan beragam program dan konten melalui GoTix. Lalu, Gojek bermitra dengan Baznas, NU CARE-LAZISNU, Lazis Muhammadiyah, Rumah Zakat, Majelis Az-Zikra, Baitul Maal Hidayatullah, dan TemanTajir untuk menyediakan eDaran atau dakwah ramadan.

Gojek juga meluncurkan inisiatif eParsel lewat GoSend. Untuk pengiriman barang antarkota, decacorn Tanah Air ini bekerja sama dengan Paxel.

(Baca: Bisnis Terhambat PSBB, Gojek Luncurkan Fitur Kirim Barang Antarkota)

Pesaingnya, Grab juga meluncurkan layanan baru untuk menyambut ramadan. “Fokus kami saat pandemi, bagaimana membantu semua mitra supaya tetap bisa mendapatkan order,” kata Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi saat video conference, kemarin (23/4).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur, Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement