Grab Gaet Pertamina hingga Bank Asal Jepang Beri Sembako Bagi Driver

Grab gaet Pertamina, XL Axiata hingga bank asal Jepang untuk salurkan donasi bagi mitra pengemudi. Bantuan dalam bentuk sembako dan voucher Rp 150 ribu.
Image title
29 April 2020, 19:35
Grab Gaet Pertamina hingga Bank Asal Jepang Beri Donasi Bagi Pengemudi
grab
Ilustrasi mitra pengemudi Grab yang mendapatkan sembako

Grab menggandeng banyak perusahaan seperti Pertamina dan bank asal Jepang, MUFG untuk memberikan donasi bagi mitra pengemudi yang terkena dampak pandemi corona. Perusahaan penyedia layanan on-demand ini memiliki 9 juta mitra pengemudi dan agen di Asia Tenggara.

Decacorn asal Singapura itu pun sudah menyalurkan donasi kepada mitra gelombang pertama dua pekan lalu. Sumbangan berupa paket sembako ini didistribusikan ke pengemudi ojek online, GrabBike dan taksi online, GrabCar di 27 kota Indonesia.

Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan akan terus memberikan donasi. "Kami akan terus mencari cara untuk memperluas program ini," kata dia, dalam siaran pers pada Rabu (29/4).

(Baca: Bantu Mitra Terdampak Corona, Grab Kucurkan Rp 161 M & Gojek Rp 100 M)

Advertisement

Karena itu, Grab bekerja sama dengan beberapa perusahaan. Di antaranya Bank Danamon, Adira Finance, Tunas Toyota, PT. Pertamina (Persero), Bank Syariah Mandiri, PT. XL Axiata Tbk, PT. ExxonMobil Lubricants Indonesia, dan MUFG Bank.

Donasi nantinya akan disalurkan melalui platform urun dana BenihBaik.com. Sumbangan ini dalam bentuk paket sembako dan voucher belanja sembako untuk mitra pengemudi Grab.

Ribuan mitra pengemudi Grab bisa mencari informasi bantuan melalui fitur GrabBenefits di aplikasi. Bantuan paket sembako dapat diambil di titik pengambilan yang ada di setiap kota.

(Baca: Tokopedia, OVO, dan Grab Patungan THR untuk 100 Ribu Pekerja Informal)

Sedangkan untuk voucher dapat ditukar dengan bahan poko seperti beras, minyak goreng, garam, gula, dan lainnya. Nilainya Rp 150 ribu per mitra pengemudi. 

Secara keseluruhan, Grab telah menggelontorkan US$ 10 juta atau sekitar Rp 161 miliar untuk meminimalkan dampak penyebaran virus corona terhadap mitra. Ada beberapa inisiatif yang diterapkan startup penyedia layanan on-demand tersebut.

Untuk mitra pengemudi taksi dan ojek online, Grab membuat program GrabCare. Mitra pengemudi GrabBike yang positif virus corona akan menerima bantuan keuangan Rp 1,5 juta, dan Rp 3 juta untuk GrabCar.

Selain itu, mitra pengemudi GrabCar yang memiliki asuransi Mandiri In-Health dapat mengajukan klaim terkait Covid-19 seperti pemeriksaan medis, konsultasi dokter, rontgen dada, dan tes darah secara berkala.

(Baca: Dapat 8 Bantuan Akibat Corona, Asosiasi Ojol: Belum Menutupi Kerugian)

Untuk mitra penjual (merchant), Grab meningkatkan visibilitas pada aplikasi, promosi, dan kategori khusus untuk restoran lokal. Selain itu, mengurangi biaya operasional melalui program uang Kembali (cashback) untuk bahan makanan umum dan diskon pada kemasan makanan. 

Grab memberikan pendanaan secara langsung kepada merchant GrabFood terpilih. Decacorn ini juga akan bermitra dengan pihak ketiga terkait program pemasaran mitra tersebut.

Direktur Syariah dan Sustainable Finance Bank Danamon Herry Hykmanto mengatakan masa pandemi merupakan masa yang sulit bagi para pekerja di sektor informal seperti mitra pengemudi. "Kami bergandeng tangan dengan Grab ringankan beban sekaligus bentuk apresiasi atas perjuangan mereka (mitra pengemudi)," kata dia.  

(Baca: Terdampak Corona, GrabCar Malaysia dan Singapura Ikut Layani GrabFood)

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait