Dorong Transaksi Saat Normal Baru, Shopee Beri Diskon Rp 188 Ribu

Untuk mendongkrak transaksi, Shopee menggelar pesta diskon 8.8 dengan gratis ongkos kirim dan cashback Rp 188 ribu.
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
15 Juli 2020, 14:58
Dorong Transaksi Saat Normal Baru, Shopee Beri Diskon Rp 188 Ribu
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Perusahaan e-commerce, Shopee menggelar kampanye 8.8 Year Sale dengan gratis ongkos kirim (ongkir) ekstra hingga uang kembali (cashback) hingga Rp 188 ribu. Pesta diskon ini digelar untuk meningkatkan transaksi saat penerapan tatanan kebiasaan atau normal baru (new normal).

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, bahan pokok menjadi produk yang paling banyak dibeli pada Maret lalu. Saat itu, pemerintah mengumumkan kasus pertama positif virus corona.

"Kini, kebutuhannya makin beragam. Saat new normal, orang butuh untuk bekerja dari rumah, kebersihan rumah, hobi dan lainnya," kata Handhika saat konferensi pers secara virtual, Rabu (15/7).

(Baca: Bukalapak, Shopee, Tokopedia Ungkap Produk Tekstil Laris Saat Pandemi)

Oleh karena itu, perusahaan menggelar pesta diskon 8.8 dengan penawaran khusus atas beragam produk. "Apapun kebutuhan saat normal baru tersedia," ujarnya.

Untuk mendorong transaksi, perusahaan asal Singapura itu juga menggencarkan fitur hiburan seperti Shopee Games dan Shopee Live. Di April lalu, tingkat penggunaan (traffic) Shopee Live meningkat 70% dibandingkan bulan sebelumnya. Jumlah penontonya mencapai 120 juta pada April

"Kami merasa Shopee Live menjadi salah satu bukti, bahwa hiburan tidak hanya di luar rumah. Bisa melalui ponsel," katanya

Sebelumnya, Shopee juga menggelar kampanye 7.7. Promosi yang ditawarkan seperti gratis ongkir tanpa minimum belanja dan diskon flash sale sembako hingga 50%.

(Baca: ShopeePay Beri Diskon 60%, Mayoritas Transaksi di Shopee Non-Tunai)

Promosi yang diberikan untuk bahan pokok, karena menjadi produk yang paling banyak dicari. Hal ini tecermin pada Databoks di bawah ini:

 

(Baca: GoPay hingga OVO Kurangi Promosi, ShopeePay Gencar ‘Bakar Uang’)

Shopee juga menggencarkan promosi lewat ShopeePay. E-commerce asal Singapura ini memberikan voucer cashback 60% untuk berbelanja online melalui aplikasi dan prabayar offline, serta 30% di mitra penjual konvensional atau gerai.

“Kami berupaya meningkatkan fokus dan komitmen utama dalam membantu konsumen beradaptasi dengan kenormalan baru, serta memberikan akses mudah ke layanan pembayaran digital seperti ShopeePay,” kata Handhika. 

ShopeePay bisa digunakan setelah Bank Indonesia (BI) memberikan izin kepada PT AirPay Int Indonesia untuk menyediakan layanan uang elektronik pada September 2018. Airpay merupakan anak usaha Sea Ltd, perusahaan teknologi asal Singapura yang juga induk dari Shopee. 

(Baca: Bukalapak Gaet HappyFresh, E-Commerce Bersaing Ketat Jual Bahan Pokok)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait