ShopeePay Beri Diskon 60%, Mayoritas Transaksi di Shopee Non-Tunai

Desy Setyowati
13 Juli 2020, 18:21
ShopeePay Beri Diskon 60%, Mayoritas Transaksi di Shopee Non-Tunai
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Perusahaan e-commerce Shopee mencatat, mayoritas transaksi di platform menggunakan pembayaran digital atau non-tunai. Layanan pembayarannya, ShopeePay pun menawarkan promosi berupa uang kembali (cashback) hingga 60%.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, penggunaan layanan pembayaran non-tunai seperti kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay meningkat selama pandemi corona. Berdasarkan laporan Boston Consulting Group, akan ada lebih banyak rumah tangga di Asia Tenggara yang menerapkan pembayaran digital.

Berdasarkan kajian Shopee sepanjang Februari-Mei, 80% transaksi pengguna usia 18-34 tahun di platform menggunakan pembayaran digital. “Sejalan dengan upaya jaga jarak fisik, kami melihat kecenderungan masyarakat menerapkan pembayaran digital untuk kenyamanan dan keamanan yang lebih efektif,” kata Handika dikutip dari siaran pers, Senin (13/7).

(Baca: Bukalapak Gaet HappyFresh, E-Commerce Bersaing Ketat Jual Bahan Pokok)

Penggunaan layanan pembayaran digital memang meningkat selama pandemi virus corona. Begitu juga dengan e-commerce. Hal ini tecermin pada bagan Databoks di bawah ini:

 

Berdasarkan kajian Shopee, pengguna lanjut usia juga mulai mengadopsi pembayaran digital. Sebanyak 45% dari jumlah transaksi di platform yang menggunakan ShopeePay merupakan pengguna di atas usia 50 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...