Ruangguru Sumbang Pendapatan dari Kartu Prakerja untuk Atasi Corona

Ruangguru akan menanggung biaya yang dikeluarkan selama melaksanakan program kartu prakerja. Pemasukan dari program ini bakal disumbangkan kepada negara.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
4 Agustus 2020, 12:39
Ruangguru Sumbang Pendapatan dari Kartu Prakerja untuk Atasi Corona
Desy Setyowati|KATADATA
Pendiri sekaligus Chief of Product and Partnership Ruangguru Iman Usman (paling kiri) dan CEO sekaligus pendiri Ruangguru Adamas Belva Syah Devara (paling kanan) saat konferensi pers terkait lima tahun Ruangguru.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Startup pendidikan Ruangguru akan menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy dari program Kartu Prakerja untuk penanganan pandemi corona. Perusahaan menanggung seluruh biaya yang dikeluarkan selama menjadi mitra pemerintah terkait program pelatihan itu.

Skill Academy menerapkan kebijakan komisi 0% kepada seluruh mitra lembaga pelatihan sejak awal menjalankan program Kartu Prakerja. Sepanjang gelombang pertama hingga ketiga, ada 310.970 peserta yang memanfaatkan kelas pelatihan milik Ruangguru ini.

Meski begitu, perusahaan memutuskan untuk menanggung semua biaya dalam mendukung program Kartu Prakerja. Biaya yang dimaksud seperti produksi kelas pelatihan, tunjangan instruktur, pembangunan infrastruktur digital, dan lainnya.

“Kami memutuskan untuk menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy sebagai mitra resmi platform digital di program Kartu Prakerja, dari awal hingga saat ini, kepada negara,” ujar Pendiri sekaligus Direktur Utama Ruangguru Belva Devara dikutip dari siaran pers, Selasa (4/8).

Hingga saat ini, Ruangguru belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait program Kartu Prakerja. Sebab, perlu ada proses rekonsiliasi transaksi dengan Project Management Office (PMO) terlebih dahulu.

Setelah pembayaran diterima dan dipotong terkait pajak, seluruh pemasukan Skill Academy dari program Kartu Prakerja akan disumbangkan kepada negara untuk penanganan pandemi Covid-19. Sumbangan diberikan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kami telah melayangkan surat resmi kepada BNPB yang menjelaskan tentang niat baik kami,” kata Belva.

Di satu sisi, Ruangguru juga melakukan survei terhadap peserta program Kartu Prakerja di Skill Academy. Sebanyak 37,1% mengaku sudah memperoleh penghasilan tambahan atau pekerjaan baru dalam sebulan, setelah menyelesaikan pelatihan.

Ruangguru merupakan salah satu startup yang mendapatkan pendanaan dari East Ventures. Sedangkan Skill Academy yakni platform pelatihan online dan offline, di bawah naungan Ruangguru.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait