Grab Jalin Aliansi dengan Peretail Grup Lippo untuk Jual Bahan Pokok

Grab menggandeng Matahari Putra Prima, sehingga bahan pokok hingga produk segar seperti sayuran tersedia di GrabMart.
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
4 Agustus 2020, 17:45
Gaet Matahari, Grab Sediakan Bahan Pokok hingga Sayuran via GrabMart
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi mitra pengemudi Grab di kawasan Pinang Ranti, Jakarta TImur (9/4/2018).

Grab menjalin aliansi usaha dengan gerai ritel Grup Lippo. Perusahaan penyedia layanan on-demand ini  memperluas penawaran produk di layanan GrabMart dengan cara menggandeng PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA). Kerja sama ini juga untuk memperluas bisnis omni-channel Matahari. 

Melalui kolaborasi itu, Matahari bisa membuat toko virtual Hypermart, Foodmart, Primo dan Hyfresh pada fitur GrabMart. Dengan begitu, konsumen Grab dapat berbelanja bahan pokok, produk segar hingga kebutuhan rumah tangga dalam satu aplikasi.

"Kolaborasi kami dengan Matahari akan secara signifikan memperluas ragam penawaran, untuk melayani semakin banyak konsumen," kata Head of GrabMart Grab Indonesia Rio Aristo dikutip dari siaran pers, Selasa (4/8). 

Saat ini, Matahari menyediakan layanan pengiriman barang hingga 10 kilometer dari toko. Setidaknya ada 27 gerai di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek), Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Sedangkan GrabMart beroperasi di 50 kota di delapan negara Asia Tenggara. Negara yang dimaksud yakni Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Kamboja.

Perusahaan mencatat, permintaan bahan pokok meningkat selama pandemi corona. Hal ini sejalan dengan perubahan konsumsi masyarakat di tengah pandemi, yang tecermin pada Databoks di bawah ini:

Oleh karena itu, Grab memperluas kemitraan dengan menggandeng MPPA.

Dengan adanya kolaborasi itu, Matahari juga menggaet konsumen melalui layanan Chat & Shop yang sebelumnya hanya menggunakan WhatsApp. Alhasil, MPPA bisa memperluas layanan omni-channel.

Omni-channel merupakan sistem yang memungkinkan pembeli menggunakan lebih dari satu saluran penjualan milik perusahaan. Dengan begitu, konsumen bisa membeli produk secara langsung ke toko fisik maupun online.

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait