Xiaomi Dikabarkan Rilis Tiga Ponsel Bertenaga Snapdragon 888 pada 2021

Xiaomi dikabarkan menyiapkan tiga ponsel bertenaga Snapdragon 888, yang akan dirilis pada 2021. Cip ini diklaim mendukung kinerja 5G, AI dan rig gaming pada gadget.
Image title
8 Desember 2020, 10:31
Xiaomi Dikabarkan Rilis Tiga Ponsel Bertenaga Snapdragon 888 pada 2021
ANTARA FOTO/REUTERS/JASON LEE
Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun membuka peluncuran ponsel Xiaomi unggulan terbaru Mi 9 di Beijing, China, Rabu (20/2/2019).

Produsen ponsel pintar (smartphone) asal Tiongkok, Xiaomi dikabarkan menyiapkan tiga produk baru berteknologi Snapdragon 888. Cip (chipset) keluaran terbaru Qualcomm ini mendukung kinerja jaringan internet generasi kelima (5G),  kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan rig gaming pada gadget.

Sedangkan ketiga ponsel baru yang dimaksud yakni Mi 11, Redmi K40 Pro, dan Black Shark. Xiaomi sudah mengonfirmasi bahwa Mi 11 akan menjadi gawai pertama yang bertenaga Snapdragon 888.

Sedangkan pada tahun lalu, Xiaomi menyematkan Snapdragon 865 di Mi 10 dan Redmi K30. “Sepertinya momentum akan berulang, tetapi berlipat ganda pada 2021 dengan Snapdragon 888," demikian dikutip dari Gizmochina, Senin (7/12).

Co-founder sekaligus CEO Xiaomi Lei Jun sudah mengumumkan bahwa Mi 11 akan memakai system of chip (SoC) Snapdragon 888 pada pekan lalu (2/12). Gadget ini bakal diluncurkan pada Januari tahun depan.

Spesifikasi Mi 11 belum diungkapkan secara resmi. Namun beberapa pembocor mengatakan, gadget ini akan memiliki kamera ultra-wide-angle 48 megapiksel (MP) dengan kapasitas RAM 6 GB. Selain itu, memiliki layar QHD + dengan kecepatan refresh 120Hz.

"Smartphone 5G premium Xiaomi generasi berikutnya yang didukung oleh Snapdragon 888 akan segera diluncurkan," kata Jun dalam acara Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2020 dikutip dari Gadgets 360, pekan lalu (1/12). 

Kemudian, Head of the Redmi Brand Lu Weibing menyatakan bahwa merek Redmi juga akan mengadopsi Snapdragon 888. Ia tidak memerinci berapa gadget yang akan memakai cip ini, namun salah satunya Redmi K40 Pro.

Sejumlah pembocor mengatakan bahwa perangkat tersebut akan memiliki tampilan dengan kecepatan refresh yang tinggi. Selain itu, didukung oleh teknologi pengisi daya yang cepat.

Redmi 40K Pro bakal memiliki fitur-fitur seperti AMOLED, memori yang lebih cepat dengan RAM LPDDR5, dan penyimpanan UFS 2.1. Pembocor juga mengungkapkan bahwa smartphone premium Redmi itu tidak menampilkan layar 2K (QHD +) seperti Mi 11.

Selain Mi 11 dan Redmi 40K Pro, Xiaomi akan menyematkan Snapdragon 888 pada smartphone merek Black Shark. Raksasa teknologi Tiongkok ini berinvestasi di Black Shark Technology.

Informasi masuknya Black Shark dalam jajaran smartphone bertenaga Snapdragon 888 diungkap oleh pembocor tipster asal Tiongkok, Digital Chat Station. 

Dalam unggahannya di Weibo, Digital Chat Station mengatakan bahwa Black Shark menyiapkan gadget dengan kode tertentu yakni 'Emperor'. Ponsel ini disebut-sebut unggul dari sisi desain dan pengisian daya.

Digital Chat Station juga mengungkapkan bahwa Xiaomi akan lebih dulu meluncurkan gawai bertenaga Snapdragon 888. Setelah itu Redmi K30 Pro dan K30 Pro Zoom yang berteknologi Snapdragon 865.

Selain Xiaomi, beberapa vendor smartphone menyiapkan produk bertenaga Snapdragon 888. OPPO bakal menyematkan teknologi baru itu pada Find X3. Sedangkan Realme pada merek Realme Race.

Kemudian, OnePlus mengumumkan bahwa smartphone kelas atas OnePlus 9 akan menggunakan Snapdragon 888 pada semester pertama 2021. Lalu, Nubia menyematkannya pada ponsel gaming Red Magic 6.

Qualcomm memperkenalkan chipset baru itu pada pekan lalu (1/12). SoC ini diklaim mendukung kinerja 5G, AI, gaming rig, dan kamera berteknologi canggih pada gadget.

"Cip itu memungkinkan vendor smartphone untuk merancang perangkat yang berbeda dibanding yang lain. Pengguna juga dapat merasakan teknologi seluler mutakhir," kata General Manager of Mobile, Compute and Infrastructure, Qualcomm Alex Katouzian dikutip dari Express.co.uk, pada pekan lalu (1/12).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Video Pilihan

Artikel Terkait