Gencar Promosi, Shopee Raih 560 Juta Transaksi Selama Pandemi

Shopee mencatatkan 560 juta transaksi selama dua kuartal atau pandemi corona. Perusahaan e-commerce asal Singapura ini menyiapkan dua strategi untuk mendongkrak penjualan tahun depan.
Image title
14 Desember 2020, 18:25
Gencar Promosi, Shopee Raih 560 Juta Transaksi Selama Pandemi
shopee
Ilustrasi platform Shopee

Perusahaan e-commerce asal Singapura, Shopee mencatatkan 560 juta transaksi selama pandemi corona atau kuartal II dan III 2020. Anak usaha Sea Group ini berencana menggencarkan promosi dan kolaborasi untuk mendongkrak penjualan pada tahun depan.

Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto mengatakan, transaksi mencapai 260 juta pada kuartal II dan 300 juta pada kuartal III. Sedangkan rata-rata transaksi per hari 2,8 juta. “Ini berkat kolaborasi," kata dia saat konferensi pers virtual, Senin (14/12).

Ia mengatakan, e-commerce menjadi salah satu solusi berbelanja selama pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Shopee berfokus pada kolaborasi guna memastikan kebutuhan sehari-hari pengguna tersedia.

Perusahaan yang diajak bekerja sama seperti Ramayana hingga PD Pasar Jaya. "Kami akan terus mempermudah pelanggan dalam berbelanja dan memperkuat ekosistem mitra," katanya.

Perusahaan e-commerce itu juga berencana tetap gencar memberikan promosi pada tahun depan. Strategi ini dinilai efektif untuk menggaet pengguna baru.

"Ke depan, kami terus memberikan promosi yang menarik, baik ada pandemi atau tidak," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja saat konferensi pers Shopee 11.11 Big Sale, Oktober lalu (15/10).

Shopee memang rutin menggelar kampanye setiap bulan sejak Februari lalu. Nama program juga disesuaikan dengan waktu dan barang yang dipromosikan, seperti 2.2 Men Sale, 3.3 Fashion Sale, 10.10 Brands Festival, kemudian Shopee 11.11 Big Sale.

Perusahaan juga baru saja menggelar festival belanja 12.12 Birthday Sale. Shopee mencatat, ada 12 juta produk terjual dalam waktu 24 menit pertama puncak festival belanja pada akhir pekan lalu (12/12). Setidaknya, satu juta produk terjual dalam semenit.

Selain itu, ada tiga Juta pengguna platform yang berkunjung dalam satu jam pertama Shopee 12.12 Birthday Sale di Indonesia. Shopee pun mencatat, volume transaksi meningkat hingga delapan kali lipat dibandingkan 2019. 

Transaksi terbesar yang dilakukan pada dua jam pertama pada 12.12 lalu yakni seorang konsumen membeli tiga ponsel pintar (smartphone) dengan total lebih dari Rp 60 juta.

Festival belanja 12.12 juga mendongkrak penggunaan layanan dompet digital milik Shopee, yakni ShopeePay hingga 18 kali lipat dibanding hari biasa. Di Indonesia, pengguna ShopeePay paling banyak membeli produk kategori perawatan dan kecantikan, perlengkapan rumah, serta aksesori handphone.

Selama sebulan festival 12.12, Shopee Live juga telah ditonton 450 juta kali. Kemudian, gim online di platform dimainkan 2,7 miliar kali.

Sebelumnya, peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nailul Huda mengatakan, strategi pemasaran e-commerce saat ini berfokus memperbesar jumlah pengguna. Caranya dengan menggelar acara dan menggaet selebritas sebagai duta merek.

“Itu terbukti dari semakin berkembangnya jasa influencer barang di media sosial. Terpilihlah artis Korea seperti Shopee dengan Blackpink maupun Tokopedia BTS,” kata Nailul kepada Katadata.co.id, Jumat (16/10).

Meski begitu, menurutnya pengaruh diskon lebih besar ketimbang brand ambassador. “Ini karena konsumen e-commerce di Indonesia rasional terhadap harga,” ujar dia.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait