Warga RI Lebih Banyak Bermain Gim dan Belanja Online saat Tahun Baru

Telkomsel, Tri, Indosat, dan XL Axiata mencatatkan peningkatan penggunaan internet saat libur Natal dan tahun baru. Layanan data paling banyak digunakan untuk bermain gim dan berbelanja online.
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
5 Januari 2021, 14:30
Warga RI Lebih Banyak Bermain Gim dan Belanja Online saat Tahun Baru
ANTARA FOTO/REUTERS/Alexey Malgavko/aww/cf
Kembang api terlihat di atas blok apartemen saat perayaan Tahun Baru di Omsk, Rusia, Jumat (1/1/2021).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Perusahaan telekomunikasi Tri, Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata mengalami lonjakan trafik internet selama libur Natal dan tahun baru. Peningkatan tertinggi yakni penggunaan data untuk bermain gim dan belanja online.

Tri misalnya, mencatatkan kenaikan trafik internet 15% selama libur panjang akhir tahun lalu. “Pelanggan kami menjadi lebih aktif menggunakan platform digital, karena ada pembatasan sosial selama Natal dan tahun baru," kata Chief Technical Officer 3 Indonesia Desmond Cheung dikutip dari siaran pers, Selasa (5/1).

Peningkatan penggunaan internet yang terbesar yakni untuk bermain game online. Tri mencatat, trafik data untuk bermain Free Fire milik Garena meningkat 80%.

Berdasarkan laporan datareportal, jumlah pengguna gim secara global mencapai 3,5 miliar pada awal pandemi corona atau tahun lalu. Penjualan game online pun memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah di tengah pagebluk Covid-19.

Laporan SuperData dari Nielsen menunjukkan, uang yang dihabiskan untuk bermain gim meningkat 11% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi US$ 10 miliar atau sekitar Rp 155 triliun pada awal pandemi virus corona tahun lalu.

Selain gim, Tri mencatat bahwa pemanfaatan internet untuk menggunakan media sosial meningkat saat libur Natal dan tahun baru. Untuk WhatsApp naik 20%, sementara TikTok, Instagram, dan Facebook 13%.

Tri Indonesia pun mengoptimalkan jaringan di ratusan Points of Interest (POI) di pemukiman dan titik keramaian sebelum Natal dan tahun baru. Selain itu, menyediakan Cell of Wheels (COW) tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang.

Sedangkan Telkomsel mencatatkan peningkatan trafik 13,15% saat libur akhir tahun dibandingkan hari biasa dan 53,28% secara tahunan (year on year/yoy). Lonjakan pemanfaatan internet yang tertinggi yakni untuk mengakses platform e-commerce, 26,55%.

Selain itu, penggunaan internet untuk bermain media sosial dan aplikasi pesan instan meningkat 17,58%. Sedangkan untuk berselancar di internet atau browsing naik 17,31%, streaming video 12,22%, dan gim 10,79%.

Perusahaan telekomunikasi berpelat merah itu pun mengoptimalisasi jaringan di 550 POI dengan mengoperasikan tambahan 587 base transceiver station (BTS) 4G LTE dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT). Selain itu, menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps.

Sedangkan XL Axiata mencatatkan lonjakan trafik internet 15% selama 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021. Kenaikan yang tertinggi yakni untuk bermain media sosial 6%, lalu streaming video 4% dan musik 2%.

Penggunaan internet untuk mengakses aplikasi wisata seperti Traveloka, Agoda, Tiket.com juga meningkat 13%. Untuk membuka platform peta seperti Google Maps dan Apple Maps naik 2%. Sedangkan untuk pembayaran digital turun 6% dan belanja online melorot 22%.

"Pelanggan tidak leluasa beraktivitas di luar ruang, namun mereka tetap bisa mengisi masa liburan dengan beragam aktivitas digital," kata Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa dikutip dari siaran pers, Senin (4/1).

Indosat juga mencatatkan peningkatan trafik internet 35% saat perayaan tahun baru. Penggunaan tertinggi untuk media sosial.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait