Tokopedia Tunjuk BTS dan BLACKPINK Jadi Brand Ambassador

Tokopedia menunjuk BTS dan BLACKPINK sebagai duta merek. Strategi menggaet selebritas Korea Selatan seperti ini diterapkan juga oleh Shopee dan Lazada.
Desy Setyowati
26 Januari 2021, 10:13
Tokopedia Tunjuk BTS dan BLACKPINK Jadi Brand Ambassador
Instagram/@Tokopedia
Tokopedia menggandeng BTS dan BLACKPINK

Perusahaan e-commerce, Tokopedia kembali menggaet boyband asal Korea Selatan, BTS sebagai duta merek atau brand ambassador. Namun kali ini, unicorn Indonesia itu juga menggandeng girl group BLACKPINK.

Startup jumbo itu berkolaborasi dengan BTS sejak 2019. BTS terdiri dari tujuh anggota yaitu RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V dan Jung Kook. Boyband ini di bawah naungan Big Hit Entertainment.

Sedangkan BLACKPINK terdiri dari empat anggota yakni Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa. BLACKPINK di bawah naungan YG Entertainment.

Tokopedia bekerja sama dengan BLACKPINK dalam acara Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show pada November 2020 lalu. “Kami percaya bahwa kolaborasi dengan BTS dan BLACKPINK bisa lebih membawa nama Indonesia ke panggung global,” kata Vice President Tokopedia Kevin Mintaraga dalam siaran pers, Selasa (26/1).

Ia berharap, kolaborasi tersebut dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk terus berjuang mewujudkan mimpi, termasuk di tengah pandemi corona. Kevin menilai, pagebluk virus corona ini justru menjadi momentum bagi masyarakat untuk beradaptasi dan menciptakan peluang.

Saat masa pandemi Covid-19, Tokopedia menggaet lebih dari tiga juta mitra penjual (merchant) baru sehingga totalnya 9,9 juta lebih. Sedangkan jumlah pengguna mencapai 100 juta per bulan.

Sebelumnya, CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyampaikan bahwa perusahaan telah menjangkau 98% kecamatan di Indonesia. Sedangkan 2% sisanya belum tak terakses internet atau listrik.

“Hanya masalah waktu untuk mencapai seluruh wilayah Indonesia,” kata dia dalam acara dalam acara Indonesia Digital Conference 2020 yang digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), bulan lalu (15/12/2020).

Selain Tokopedia, Shopee dan Lazada menggaet selebritas asal Korea Selatan sebagai duta merek. Shopee pernah menggandeng BLACKPINK pada akhir 2018.

Dalam tiga bulan, Shopee menyalip Lazada dari sisi jumlah kunjungan terbanyak per bulan ke platform di regional pada awal 2019. Padahal Lazada masih memimpin pada akhir 2018, berdasarkan data iPrice.

Shopee pun menggandeng lebih banyak selebritas Korea Selatan. E-commerce ini kemudian mengadakan fanmeeting dengan Red Velvet pada April 2019.

Jumlah kunjungan Shopee di Tanah Air pun melampaui Bukalapak, sehingga berada di urutan kedua setelah Tokopedia pada kuartal II 2019.

Lalu, perusahaan menggaet GFriend pada November 2019. Pada pesta diskon 11.11 itu, perusahaan membukukan penjualan hingga 70 juta produk di tujuh negara.

Saat itu, jumlah kunjungannya menyalip Tokopedia. Perusahaan pun menempati urutan pertama di Indonesia pada akhir 2019.

Shopee pun melanjutkan strateginya dengan menggaet perusahaan hiburan dan gaya hidup, CJ ENM untuk menghadirkan festival budaya Korea KCON secara online pada Juni lalu. Acara ini menghadirkan sejumlah grup penyanyi seperti GFriend, ITZYMamamoo, dan Monsta X.

Pada festival belanja 9.9 2020, perusahaan menggaet GFriend. Lalu menggandeng GOT7 pada bulan ini, dan yang teranyar Straykids.

Dengan strategi tersebut, Shopee masih memimpin dari sisi jumlah kunjungan per bulan di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam pada Kuartal II 2020 berdasarkan data iPrice. Sedangkan Lazada unggul di Filipina.

Padahal, Shopee hanya unggul di Vietnam dan Indonesia pada awal 2019. Setelahnya, dominasi perusahaan terus meluas di regional.

Dengan menggaet BTS, jumlah kunjungan ke platform Tokopedia merangkak naik. Sedangkan jumlah kunjungan ke platform Shopee sempat turun pada kuartal I 2020, meski masih memimpin di Indonesia.

Pada akhir tahun lalu, giliran Lazada yang menjajal strategi pemasaran bertajuk hallyu dengan menggandeng Lee Min Ho dalam pagelaran 11.11. Berdasarkan data Statista, Lee menempati urutan teratas sebagai selebritas Korea Selatan terpopuler di Facebook per September 2020.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait