WhatsApp Buat Fitur Transfer Obrolan ke Nomor Ponsel Berbeda

WhatsApp mengembangkan fitur transfer riwayat obrolan ke akun dengan nomor ponsel berbeda. Saat ini, pemindahan data percakapan hanya bisa dilakukan dengan nomor telepon yang sama.
Image title
24 Mei 2021, 10:42
WhatsApp Buat Fitur Transfer Obrolan ke Nomor Ponsel Berbeda
Katadata
Ilustrasi WhatsApp

Perusahaan pengembang aplikasi perpesanan, WhatsApp mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mentransfer obrolan ke akun dengan nomor ponsel berbeda. Dengan begitu, mereka tetap memiliki data percakapan meski berganti nomor ponsel.

WABetaInfo melaporkan, WhatsApp masih menguji coba fitur anyar tersebut. "WhatsApp akan merampingkan perubahan fitur transfer obrolan pada pembaruan aplikasi mendatang," kata WABetaInfo dikutip dari India Today, Minggu (23/5).

WABetaInfo adalah portal independen tentang WhatsApp.

Untuk menjalankan fitur baru itu, WhatsApp nantinya menyematkan tautan bernama 'Transfer ke nomor lain?'. Jika pengguna ingin memindahkan riwayat obrolan ke akun dengan nomor berbeda, maka bisa memilih opsi ini.

Advertisement

Saat ini, transfer riwayat obrolan hanya bisa dilakukan untuk nomor ponsel yang sama meski perangkatnya berbeda. Itu pun pengguna harus mencadangkan data percakapan terlebih dulu di komputasi awan (cloud).

Pencadangan itu membutuhkan waktu, tergantung banyaknya data riwayat obrolan yang dicadangkan.

Kini, anak usaha Facebook itu mengkaji fitur yang memungkinkan pengguna memindahkan riwayat pesan ke akun dengan nomor ponsel berbeda. Selain itu, bisa mengirimkan data percakapan ke akun dengan sistem operasi alias operating system (OS) lain.

Dengan begitu, pengguna yang memakai Android bisa mengalihkan riwayat percakapan ke perangkat iOS.

Selain fitur transfer obrolan, dua pekan lalu WhatsApp meluncurkan ‘voice note’. Pengguna hanya perlu sekali mengetuk pesan voice note di aplikasi. Sebelumnya, mereka harus terus menekan fitur untuk merekam suara.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu juga menerapkan opsi mempercepat 1 kali, 1,5 kali hingga 2 kali saat mendengarkan pesan audio.

Namun, WABetaInfo melaporkan bahwa fitur baru tersedia untuk pengguna WhatsApp versi Beta.

Pekan lalu, WhatsApp juga menguji coba fitur rekomendasi stiker pada pengguna. Perusahaan mengandalkan mesin pembelajar (machine learning) yang menganalisis kata pertama yang diketik di bilah obrolan.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait