Nama WiFi Aneh Disebut Bisa Merusak iPhone

Nama WiFi aneh membuat iPhone buatan Apple rusak, karena ada bug. Bagaimana dengan ponsel Android?
Image title
21 Juni 2021, 13:34
Nama WiFi Aneh Disebut Bisa Merusak iPhone
Arief Kamaludin|KATADATA
iPhone

Nama hotspot Wireless Fidelity atau WiFi aneh disebut-sebut bisa membuat iPhone buatan Apple rusak. Ini karena ada bug.

Reverse engineer Carl Schou mengungkapkan, bug itu membuat iPhone tidak dapat terkoneksi dengan WiFi. “Setelah bergabung ke WiFi pribadi saya dengan SSID %p%s%s%s%s%n, iPhone menonaktifkan fungsionalitas WiFi secara permanen,” kata dia melalui akun Twitter @vm_call, Sabtu (19/6).

Ia pun melakukan reboot iPhone, namun tidak berhasil. “Mengubah nama SSID juga tidak memperbaiki ini,” ujar dia.

Satu-satunya cara untuk memperbaiki fitur WiFi iPhone yang rusak yakni dengan mengatur ulang pengaturan jaringan perangkat. Caranya, buka Pengaturan di iPhone dan pilih Umum.

Di bawah Umum, pilih Atur Ulang. Pengguna kemudian akan di bawah ke layar Reset. Pemakai dapat mengatur ulang berbagai fitur iOS atau perangkat di laman ini.

Pengguna diminta memilih opsi 'Reset Network Settings', lalu mengonfirmasikan ingin melanjutkan. Dengan begitu, perangkat akan memulai dan mengatur ulang semua pengaturan jaringan ke mode awal.

Setelah restart dan memasukkan kode sandi, pengguna dapat mengonfigurasi ulang pengaturan WiFi.

Berdasarkan pengujian Schou, bug itu hanya terjadi pada iPhone. “Perangkat Android tampaknya terhubung ke titik akses yang diberi nama tidak biasa, tanpa masalah,” demikian dikutip dari Apple Insider.

Bleeping Computer melaporkan, bug seperti itu dapat dieksploitasi oleh aktor yang menanam hotspot WiFi jahat di area populer. Ini untuk memblokir perangkat iPhone yang terhubung.

Peneliti keamanan lain yang melihat cuitan Schou yakni @Fridadotre menduga, kerusakan terjadi karena ada masalah dalam penguraian input. Ini kemungkinan menimbulkan bug.

Ia memperkirakan, iOS mungkin salah mengartikan huruf setelah ‘%’ sebagai penentu format string. Padahal sebenarnya tidak.

Dalam bahasa gaya C and C pada komputer, penentu format string memiliki arti khusus. Ini diproses oleh kompiler sebagai nama variabel atau perintah, bukan hanya teks.

"%n hanyalah penentu format dan bukan string teks yang sebenarnya. Dengan demikian, output dari baris berikut hanya akan menjadi ‘geeks for geeks’ tanpa menyebutkan %n,” kata dia dikutip dari Bleeping Computer.

Beberapa pengguna mengatakan sempat memasukkan penentu format ‘%x’, namun relatif tidak berbahaya bagi SSID WiFi mereka.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait