Cara Gojek Kelola dan Manfaatkan Data, dari Pengguna untuk Pengguna

Desy Setyowati
24 Juni 2021, 16:26
gojek, data gojek, data bocor, pengelolaan data, big data, data startup
Katadata/Ratri Kartika
Diskusi virtual Bicara Data: Rahasia Data di Industri Digital, Kamis (24/6/2021).

Gojek mengadopsi beragam teknologi seperti maha data alias big data dan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) dalam mengelola data pengguna. Decacorn ini juga mengalokasikan dana untuk memperkuat tim keamanan data.

VP Data Science Gojek Syafri Bahar menyampaikan, informasi transaksi dan pengguna diolah menjadi data agregat guna mengetahui tren seperti produk yang paling banyak dibeli, friksi saat memakai platform, dan lainnya.

Salah satu contoh pemanfaatan data yakni membuat sistem yang mendorong efisiensi mitra pengemudi dalam mendapatkan order. Gojek memanfaatkan AI dalam hal ini.

“Kami mengombinasikan data dengan pendekatan humanis seperti datang langsung ke lapangan. Ini salah satu prinsip yang kami anut dalam mengelola data,” kata Syafri dalam diskusi virtual Bicara Data: Rahasia Data di Industri Digital, Kamis (24/6).

Pembuatan fitur dan sistem tertentu di Gojek merujuk pada data agregat konsumen. “Kami memastikan bahwa solusi yang dibangun bermanfaat,” ujarnya.

VP Public Policy and Government Relations Gojek Ardhanti Nurwidya menambahkan, data merupakan bagian penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaan data umum, pribadi, dan lainnya terpisah.

“Data pribadi atau terkait individu kami beri atensi,” ujar Ardhanti.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...