Alibaba Buat Bisnis Pesan-Antar Makanan dan Wisata, Mirip Traveloka

Fahmi Ahmad Burhan
6 Juli 2021, 10:32
Alibaba Buat Bisnis Pesan-Antar Makanan dan Wisata, Mirip Traveloka
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Logo Alibaba Group terlihat saat festival belanja global Singles' Day 11.11 Alibaba Group di kantor pusat perusahaan tersebut di Hangzhou, provinsi Zhejiang, Tiongkok, Senin (11/11/2019).

Alibaba berencana membuat lini bisnis baru yang berfokus pada layanan gaya hidup lokal seperti pesan-antar makanan dan wisata. Konsep ini mirip dengan Traveloka, yang juga memiliki Traveloka Eats.

CEO Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan, lini usaha baru itu akan menyatukan tiga platform yakni bidang pemetaan AutoNavi, pesan-antar makanan Ele.me, dan perjalanan Fliggy. Grup bisnis baru ini berfokus pada layanan gaya hidup lokal.

Pada 2015, raksasa e-commerce itu mengakuisisi startup pemetaan AutoNavi. Perusahaan milik Jack Ma ini pun mempertimbangkan untuk mengintegrasikan lebih banyak layanan dengan aplikasi navigasi.

Kemudian Alibaba mengakuisisi seluruh saham Ele.me dengan total transaksi sekitar US$ 9,5 miliar atau Rp 130 triliun pada 2018. Lalu raksasa teknologi ini meluncurkan platform perjalanan online, Fliggy pada 2019.

Zhang mengatakan, pembentukan grup bisnis baru itu bertujuan menyiapkan strategi ritel baru. "Menghadapi masa depan yang tidak pasti, kami harus melangkah dengan percaya diri, dan merancang rencana selangkah demi selangkah untuk membuat organisasi lebih gesit," katanya dikutip dari KrAsia, Senin (5/7).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...