Samsung Tak Produksi Ponsel Premium Galaxy Note Tahun Ini

Samsung tak akan memproduksi ponsel premium Galaxy Note 21 tahun ini. Di Indonesia, perusahaan asal Korea Selatan ini merilis Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G.
Desy Setyowati
30 Juli 2021, 16:23
samsung, ponsel premium, galaxy note 21, Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G
Arief Kamaludin|KATADATA
Acara peluncuran Samsung Galaxy Note

Samsung menegaskan tak akan memproduksi ponsel premium Galaxy Note 21 tahun ini. Namun perusahaan asal Korea Selatan ini merilis Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G di Indonesia pada Kamis (29/7).

Galaxy Note 20 Ultra 5G merupakan bagian dari seri Galaxy Note 20 yang diluncurkan Agustus tahun lalu. Dalam gelaran Galaxy Unpacked pada bulan depan (11/8), Samsung tak akan meluncurkan ponsel premium ini.

“Daripada meluncurkan Galaxy Note baru kali ini, kami akan lebih memperluas fitur Note ke lebih banyak perangkat Samsung Galaxy,” kata Presiden sekaligus Kepala Bisnis Komunikasi Seluler Samsung TM Roh dikutip dari T3, Kamis (29/7).

Dalam unggahan di blog, Roh menyampaikan bahwa era inovasi ponsel pintar (smartphone) berikutnya berfokus pada Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Ia mengungkapkan akan ada kejutan dari peluncuran kedua gawai ini.

Advertisement

"Ini termasuk S Pen pertama yang dirancang khusus untuk ponsel yang dapat dilipat,” kata Roh.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G

Meski Samsung tak berencana meluncurkan Galaxy Note 21, konsumen di Indonesia bisa membeli Galaxy Note 20 Ultra 5G. Ponsel ini dibanderol Rp 16.999.000 untuk varian 12GB/256GB dan 12GB/512GB dijual Rp 18.999.000.

Head of Product Marketing IT and Mobile Samsung Electronics Indonesia Selvia Gofar mengatakan, ponsel itu menawarkan pengalaman multitasking atau mengakses banyak aplikasi sekaligus. Ini karena kapasitas RAM yang lebih besar.

Kapasitas memori itu diperkuat dengan teknologi RAM LPDDR5 yang mampu menciptakan performa mumpuni dengan pin speed hingga 6.400 Mbps. Selain itu, bisa transfer data 51,2 Gbps.

Hal itu diimbangi dengan peningkatan kemampuan efisiensi daya 20% pada RAM LPDDR5 dibandingkan pendahulunya yakni RAM LPDDR4X.

Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G juga memiliki fitur yang mendukung pengalaman multitasking. Salah satunya, integrasi secara wireless  ke Samsung Dex. Ini memungkinkan pengguna menampilkan layar pada smartphone ke televisi pintar atau smart tv.

Itu juga memungkinkan konsumen berkirim pesan sembari mendapatkan balasan secara real-time dari pekerjaan yang ditampilkan pada layar televisi.

Selain itu, pengguna bisa memadukan fungsi S Pen dan aplikasi Samsung Notes. Terdapat fitur auto-save di dalamnya, sehingga tulisan otomatis tersimpan.

Ada juga fitur sinkronisasi ke berbagai perangkat, mulai dari smartphonetablet hingga laptop. Pengguna juga bisa membuat catatan, koreksi, dan highlight pada file PDF. Selain itu, dapat merekam suara sambil mencatat.

Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G bertenaga prosesor Exynos 990. Cip (chipset) ini diklaim mendukung pengalaman multimedia hingga gaming level tinggi.

Selain itu, mendukung perekaman video 8K pada 24fps dan mengeditnya dengan efek bokeh. Lalu, ada pengembangan pada neural processing unit (NPU). Ini menyematkan teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) yang memaksimalkan berbagai fitur.

Hal itu memungkinkan kamera lebih memahami objek yang difoto dengan mengatur pencahayaan hingga mengurangi noise secara otomatis. Exynos 990 juga memungkinkan layar menjalankan refresh rate 120Hz dengan lebih lancar.

Samsung Galaxy Note 20 Ultra 5G juga mempunyai fitur Link to Windows yang memungkinkan pengguna menjalankan lebih dari satu aplikasi secara berdampingan. Ini memudahkan konsumen berkirim pesan, drag dan drop foto dari ponsel ke laptop, mengecek notifikasi hingga melakukan dan menerima panggilan langsung dari komputer.

Pengguna juga bisa memainkan sejumlah game online di laptop menggunakan mouse dan keyboard. Fitur-fitur ini bertujuan menyediakan pengalaman kerja dan hiburan terbarukan melalui pengalaman multitasking yang seamless atau tanpa terasa.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait