Transaksi GoFood, ShopeeFood, Traveloka Eats Meroket saat PPKM Level 4

GoFood, ShopeeFood, dan Traveloka Eats mencatatkan peningkatan transaksi saat PPKM level 4. Gojek, Shopee, Traveloka pun menyediakan promosi.
Desy Setyowati
30 Juli 2021, 17:41
GoFood, ShopeeFood, Traveloka Eats, PPKM level 4. Gojek, Shopee, Traveloka
Katadata/Desy Setyowati, ShopeeFood, GoFood, Traveloka Eats
Logo ShopeeFood, GoFood, dan Traveloka Eats

GoFood, ShopeeFood, dan Traveloka Eats mencatatkan peningkatan transaksi saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4. Gojek, Shopee, dan Traveloka pun menggencarkan promosi selama periode ini.

Berdasarkan data internal Traveloka, terjadi peningkatan traffic hampir dua kali lipat pada laman Traveloka Eats Delivery sejak Juli. “PPKM darurat semakin meningkatkan angka ini (permintaan layanan),” kata Head of Traveloka Eats Stephen Kohar kepada Katadata.co.id, Kamis (29/7).

Peningkatan terjadi bukan hanya dari sisi pencarian restoran, tetapi juga jumlah mitra. Saat ini, Traveloka Eats menggandeng puluhan ribu mitra restoran skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Untuk itu, unicorn tersebut berfokus menyediakan fitur yang sesuai kebutuhan konsumen. Selain itu, melengkapi layanan dengan Eats Delivery dan informasi aktual terkait waktu operasional restoran.

Traveloka juga mengurasi restoran yang menyediakan makanan sehat untuk memudahkan konsumen yang melakukan isolasi mandiri maupun yang menjalankan pola hidup sehat.

Saat ini, Traveloka bekerja sama dengan lebih dari 250 mitra restoran makanan sehat di Jabodetabek.

“Kami juga menghadirkan program promosi PayDay yang menawarkan potongan hingga 50% dari 23 Juli hingga 1 Agustus untuk memberikan manfaat ekstra bagi para konsumen,” kata Stephen.

Peningkatan transaksi juga dirasakan oleh ShopeeFood. Namun Head of Campaigns and Growth Marketing ShopeeFood Cindy Candiawan tidak memerinci angkanya.

“Di tengah pandemi corona, masyarakat Indonesia kini memilih untuk mengandalkan layanan pesan antar makanan,” kata Cindy kepada Katadata.co.id, Rabu (28/7).

Bagian dari Shopee itu pun menyiapkan beragam voucer dan gratis ongkos kirim untuk ShopeeFood. Selain itu, menyediakan promosi berupa makan gratis khusus pengguna baru, diskon 60%, dan voucer Ngopi Ngemil bagi seluruh konsumen.

Perusahaan asal Singapura itu juga menyediakan paket hemat ShopeeFood Rp 1 yang berisi voucer total Rp 150 ribu.

Gojek juga mencatatkan peningkatan transaksi GoFood selama PPKM level 4. Namun VP Corporate Affairs Food and Groceries Gojek Rosel Lavina tidak memerinci angkanya.

Ia hanya menyampaikan bahwa pendapatan GoFood meningkat 20 kali lipat selama empat tahun terakhir. “Walaupun menghadapi pandemi Covid-19, GoFood mencatatkan kontribusi margin positif tahun lalu,” kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (28/7).

Decacorn itu juga menyediakan promosi seperti Pasti Ada Promo, khusus GoFood Pickup, dan lainnya.

Selain itu, memberikan tambahan subsidi promo bagi mitra penjual, yang sepenuhnya ditanggung oleh Gojek. Ini berlaku untuk mitra usaha yang bergabung sebelum 1 Juli.

Gojek juga menyediakan paket komisi spesial bagi mitra usaha baru yang mendaftar pada 1 Juli – 31 Agustus.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait