Transaksi Tiket.com Naik hingga 1.100% meski PPKM Level 4 Diperpanjang

Tiket.com mencatatkan kenaikan transaksi 1.100% yoy pada layanan To Do selama kuartal II, meski PPKM level 4 diperpanjang.
Desy Setyowati
12 Agustus 2021, 16:21
tiket.com, ppkm level 4 diperpanjang, ppkm level 4
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Tiket.com

Tiket.com mencatatkan kenaikan transaksi 1.100% secara tahunan (year on year/yoy) pada layanan To Do selama kuartal II. Permintaan meningkat meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4 diperpanjang.

Layanan To Do Tiket.com mencakup kegiatan yang bisa dilakukan secara virtual seperti kelas online, webinar, gala premier film, podcast hingga tiket siaran langsung (live streaming) acara selebritas.

Pengguna juga bisa mendaftar tes Covid-19 dan vaksinasi virus corona melalui laman khusus tersebut. “Pertumbuhannya luar biasa,” ujar Co-founder sekaligus CMO Tiket.com Gaery Undarsa saat konferensi pers virtual, Kamis (12/8).

Permintaan tiket pesawat tercatat meningkat 400% dan pemesanan hotel 600%. Gaery menyampaikan, peningkatan signifikan karena transaksi pada kuartal II 2020 anjlok. “Banyak orang sepertinya benar-benar beralih ke digital,” katanya.

Advertisement

Secara keseluruhan, transaksi di platform Tiket.com tumbuh 700%. Unduhan aplikasi juga meningkat 2,5 kali lipat atau 150%.

Namun Gaery enggan berkomentar mengenai proyeksi transaksi keseluruhan tahun ini. Itu mengingat pemerintah menerapkan beberapa kebijakan, termasuk PPKM level 4.

Startup penyedia layanan pariwisata atau online travel agent (OTA) itu pun menyiapkan beberapa skenario untuk mengatasi pengetatan kebijakan. “Jika PPKM level 4 diperpanjang, kami buat rencana yang sesuai,” katanya.

Secara umum, ia optimistis bahwa permintaan akan terus meningkat. Ini karena rasio vaksinasi Covid-19 terus bertambah. “Setelah pandemi corona, pasti akan ada pemulihan,” ujar dia.

Tiket.com memberikan setidaknya tujuh promosi dalam rangka hari jadi ke-10 dan untuk mendongkrak transaksi. Rincian promosi yang berikan sebagai berikut:

  1. Diskon 50% dan ekstra potongan harga hingga Rp 1 juta
  2. Diskon tiket pesawat hingga Rp 310 ribu, khusus Sriwijaya Air, NAM Air, Batik, Citilink, Garuda Indonesia, dan Super Air Jet
  3. Diskon layanan hotel hingga 50% plus ekstra potongan harga sampai Rp 1 juta. Ini berlaku untuk produk pemesanan kamar hotel, NHA, dan tiket Homes domestik pilihan di Indonesia
  4. Diskon tiket To Do hingga 20% plus ekstra diskon sampai Rp 1 juta, ini termasuk tes Covid-19
  5. Diskon tiket kereta api Rp 60 ribu untuk semua rute
  6. Diskon layanan sewa kendaraan hingga Rp 340 ribu. Ini berlaku untuk penyewaan mobil di semua kota untuk semua jenis kendaraan Diskon car transfer di bandara dan stasiun kereta api, hingga Rp 140 ribu

“Promosi ini ancang-ancang, begitu sudah (banyak yang) divaksinasi Covid-19 dan tetap menjaga protokol kesehatan, mau ke mana? Sudah disiapkan dari sekarang,” kata VP Brand Marketing Tiket.com Maria Risa Puspitasari.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait