Daftar Daerah yang Dapat Sinyal Internet 5G XL, Indosat, Telkomsel

XL Axiata menambah daftar operator seluler yang menyediakan jaringan internet generasi kelima alias 5G, setelah Telkomsel dan Indosat. Jakarta hingga Makassar terjangkau 5G.
Image title
13 Agustus 2021, 15:01
xl axiata, telkomsel, indosat, 5g
ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee
Tanda 5G terpasang di World 5G Exhibition di Beijing, Cina, Jumat (22/11/2019).

XL Axiata menambah daftar operator seluler yang menyediakan jaringan internet generasi kelima alias 5G, setelah Telkomsel dan Indosat. Daerah yang terjangkau sinyal internet 5G pun bertambah.

Perusahaan telekomunikasi bernuansa biru itu menggunakan spektrum frekuensi radio 1,8 GHz untuk menyediakan internet 5G. Lebar pita yang digunakan 20MHz, pada rentang 1.807,5 MHz sampai 1.827,5 MHz.

Pada tahap awal, XL Axiata menyediakan 5G di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. “XL Axiata baru saja dapat Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) layanan 5G, per 6 Agustus," kata Menteri Kominfo Johnny G Plate saat konferensi pers virtual, Kamis (12/8).

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini menyampaikan, daerah cakupan 5G bakal diperluas. "Secara bertahap, kami akan memperluas cakupan wilayah layanan," ujar dia.

Sedangkan Telkomsel menyediakan internet 5G sejak akhir Mei (27/5). Pada tahap awal, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menyediakan sinyal 5G di lima kota yakni Jakarta, Tangerang, Medan, Surakarta, dan Balikpapan.

Rincian wilayah yang mendapatkan internet 5G di ibu kota di antaranya:

  1. Kelapa Gading: Gading Pandawa, Gading Harmony, dan Vila Gading Indah
  2. Pondok Indah: Pondok Indah Town House dan Perumahan Pondok Indah
  3. Pantai Indah Kapuk (PIK): Bukit Golf Mediterania, Komplek Johar, dan Golf Coast
  4. BSD: Boulevard BSD, Puspita Loka Cluster, dan Provence Parkland
  5. Widya Chandra: Komplek Widya Chandra dan Perumahan Dinas Menteri Widya Chandra
  6. Alam Sutera: Kunciran Mas, Griya Sutera, dan Sutera Lavender

Jaringan 5G Telkomsel juga bisa diakses di gerai Grapari Telkomsel Grapari GTG Medan, Sumatera Utara; Grapari Terminal 3 Soekarno Hatta, Jakarta; Grapari Solo, Jawa Tengah; dan Grapari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kemudian Telkomsel memperluas layanan internet 5G ke lima kota yakni Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar.

“Komitmen kami selanjutnya yakni memastikan 5G tersedia untuk semua orang di Indonesia, baik segmen konsumen, pemerintah, akademisi maupun industri,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam siaran pers, pada awal Juni (7/6).

Sedangkan Indosat, menyediakan layanan 5G di Jakarta, Solo, Surabaya, dan Makassar pada tahap awal. Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Ahmad Abdulaziz Al-Neama menyampaikan, penyediaan layanan akan diperluas ke wilayah lain secara bertahap.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait