iOS 15 Resmi Meluncur, Apple Tantang Google Lewat Apple Maps

Apple resmi meluncurkan iOS 15 pada Senin (20/9). Melalui pembaruan ini, Apple semakin menantang Google lewat Apple Maps.
Image title
22 September 2021, 10:26
apple, ios15, google
ANTARA FOTO/REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo/AWW/sa.
Siluet pengguna ponsel terlihat di ping proyeksi layar logo Apple dalam ilustrasi gambar yang diambil pada Rabu (28/3/2018).

Apple resmi meluncurkan sistem operasi atau operating system (OS) terbaru yakni iOS 15. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini semakin menantang Google lewat pembaruan Apple Maps.

 "Ada lebih banyak fitur pada Apple Maps yang hadir di iOS 15," demikian dikutip dari CNET, Selasa (21/9). Salah satunya, ada fitur peringatan saat pengguna mendekati lokasi tertentu.

Pengguna juga bisa menandai rute favorit, sehingga selalu ada di bagian atas layar. Selain itu, dapat melihat semua keberangkatan terdekat untuk melihat kapan harus memulai perjalanan.

Apple juga mulai menyusun panduan sendiri yang memerinci tempat dan bisnis yang bisa dikunjungi saat pengguna berada di lokasi baru.

Apple Maps juga memperbarui tampilan petunjuk arah. Tujuannya, menambah kepercayaan diri pengguna saat dalam perjalanan.

Lewat tampilan baru itu, pengguna akan bisa mengidentifikasi kecelakaan, kemacetan lalu lintas, atau konstruksi yang diklaim lebih baik. Sebab, Apple menambah akurasi dengan model tiga dimensi atau 3D baru yang ditransisikan oleh peta dua dimensi.

Jadi pengguna akan lebih mudah melihat dengan tepat ke mana harus pergi, saat menemui persimpangan.

Apple juga menambah kemampuan mengidentifikasi jalur sepeda, bus, belokan dantaksi, bersama dengan median dan penyeberangan. "Ini jelas area di mana Apple perlu melakukan lebih banyak pekerjaan untuk mengejar Google Maps," demikian dikutip dari CNET.

Produsen iPhone itu meluncurkan iOS 15 pada Senin (20/9). Apple meluncurkan OS baru ini untuk sejumlah perangkat seperti iPhone, iPad hingga jam pintar.

Selain mengandalkan peningkatan kemampuan Apple Maps, ada sejumlah fitur unggulan lain di iOS 15. "Apple menghadirkan cara baru dalam menjalankan perangkat-perangkat," demikian dikutip dari The Guardian, Selasa (21/9).

iOS 15 mempunyai ikon notifikasi yang lebih besar. Akan ada ikhtisar notifikasi yang menggunakan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) agar pengguna bisa mengatur notifikasi berdasarkan prioritas.

Kemudian, ada fitur FaceTime yang memungkinkan pengguna mendapatkan audio spasial agar memberi kesan seolah-olah sedang berhadapan langsung dengan lawan bicara. Ada juga mikrofon yang memiliki kemampuan Voice Isolation untuk mengurangi suara di latar belakang.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait