7 Cara Atasi Eror dan Lupa Check Out PeduliLindungi di Aplikasi Gojek

Fitur pada PeduliLindungi terpantau sudah tersedia di aplikasi Gojek, Tokopedia, dan Jaki. Gojek membagikan tujuh kemungkinan kendala seperti eror atau lupa check out dan cara mengatasinya.
Desy Setyowati
1 Oktober 2021, 14:42
pedulilindungi, Gojek
Gojek
Aplikasi Gojek

Fitur pada PeduliLindungi terpantau sudah tersedia di aplikasi Gojek, Tokopedia, dan Jaki. Gojek membagikan tujuh kemungkinan kendala seperti eror atau lupa check out saat menggunakan ‘tools’ ini dan cara mengatasinya.

Integrasi tersebut memungkinkan pengguna check in dan check out menggunakan fitur PeduliLindungi di aplikasi Gojek. ‘Tools’ ini juga tersedia di platform Tokopedia dan GoPartner.

“Itu merupakan fitur berbasiskan integrasi sistem, sebagai hasil kerja sama resmi antara GoTo Group dan Kemenkes,” kata Gojek melalui blog resmi, dikutip Jumat (1/10).

Cara check-in PeduliLindungi menggunakan aplikasi Gojek yakni:

  • Klik tombol ‘check-in’ atau banner PeduliLindungi di halaman utama aplikasi
  • Aktifkan lokasi Mengisi data berupa nama lengkap dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Baca syarat dan ketentuan, lalu tandai setuju untuk lanjut
  • Aktifkan kamera dan pindai kode Quick Response (QR Code) sebelum memasuki tempat umum
  • Tunjukkan hasil kode pindai QR ke penjaga pintu masuk

Sedangkan cara check-out PeduliLindungi dari aplikasi Gojek yaitu:

  • Klik tombol ‘check-out’ atau banner PeduliLindungi di halaman utama aplikasi
  • Aktifkan kamera dan pindai kode check out QR saat akan keluar dari tempat umum menggunakan aplikasi Gojek

“Saat ini, fitur dalam aplikasi Gojek ini hanya dapat digunakan oleh Warga Negara Indonesia (WNI) maupun asing atau WNA yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),” demikian dikutip.

Gojek juga menjelaskan tujuh kemungkinan gangguan saat menggunakan fitur PeduliLindungi di aplikasi. Ketujuh potensi eror atau kendala yang dimaksud dan cara mengatasinya sebagai berikut:

1. Tidak menemukan ikon check in di aplikasi Gojek

Gojek mengatakan, fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan. Ini akan tersedia untuk seluruh pengguna dalam waktu dekat

2. Mendapatkan pesan eror ‘sesuaikan nama dan NIK Anda dengan KTP

Gojek menyarankan pengguna memeriksa apakah nama lengkap dan NIK sesuai dengan yang tertera pada KTP.

Unicorn itu menyampaikan, segala proses verifikasi dilakukan oleh PeduliLindungi. Apabila ada kesalahan teknis, pengguna dapat menghubungi call center PeduliLindungi di 119 atau email ke pedulilindungi@kominfo.go.id.

3. Mendapatkan pesan eror ‘scan QR melebihi radiusnya’

Itu artinya, sistem mendeteksi lokasi pengguna terlalu jauh dari lokasi check in. Gojek meminta pengguna memastikan GPS ponsel aktif dan memberikan akses lokasi kepada fitur PeduliLindungi.

Gojek juga menyarankan untuk mengecek ke aplikasi berbasis lokasi lain seperti Google Maps. Ini untuk memastikan apakah lokasi pengguna telah dideteksi dengan benar oleh ponsel atau tidak.

4. Mendapatkan pesan eror ‘Internal Server Error’

Itu artinya, integrasi PeduliLindungi dengan aplikasi Gojek mengalami kendala. Pengguna diminta mencoba lagi setelah beberapa saat atau langsung menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk proses check in.

5. Mendapatkan pesan eror ‘Anda masih check in di tempat ini’

Jika situasi operasional mengharuskan pengguna memperlihatkan kembali layar hasil check in, Gojek menyarankan untuk check out lalu check in kembali.

6. Mendapatkan pesan eror ‘Anda belum melakukan check in’

Itu artinya, pengguna belum terdata oleh sistem meski sudah check in di lokasi. Gojek meminta pengguna mengarahkan kamera check in ke kode QR, bukan check out.

7. Lupa check out di lokasi

Gojek menyarankan pengguna untuk menuju ke pintu keluar lokasi untuk melakukan check out. Jika tidak memungkinkan, sistem akan melakukan check out secara otomatis setiap 24 jam.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait