Gojek Kembali Beri Sembako ke Mitra Pengemudi, Total Rp 260 Miliar

Gojek kembali memberikan uang belanja sembako lebih dari Rp 17 miliar kepada ratusan mitra pengemudi taksi dan ojek online. Total bantuan lebih dari Rp 260 miliar.
Desy Setyowati
4 Oktober 2021, 13:15
Gojek, sembako, ojek online, bantuan covid-19
Gojek
Aplikasi Gojek

Gojek kembali memberikan uang belanja sembako lebih dari Rp 17 miliar. Bantuan ini disalurkan langsung ke saldo dompet digital mitra pengemudi taksi dan ojek online yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Tambahan bantuan merupakan bagian dari peringatan ulang tahun Gojek yang ke-11. Uang sembako itu termasuk dalam program Kesejahteraan Mitra Driver yang digelar sejak Maret 2020.

“Bantuan Gojek kepada mitra pengemudi yang sampai saat ini mencapai Rp 260 miliar merupakan bentuk dukungan berkelanjutan untuk bisa #BangkitBersama,” kata CEO Gojek Kevin Aluwi dalam keterangan pers, Senin (4/10).

Total dana yang digelontorkan lewat program tersebut lebih dari Rp 260 miliar. Ini terdiri dari:

  1. Bantuan kebutuhan pokok Rp 175,8 miliar yang terdiri atas uang belanja sembako, voucer sembako, voucer potongan harga sembako dari GoPay, serta voucer makanan murah dan sehat untuk keluarga mitra pengemudi taksi dan ojek online
  2. Penyediaan layanan atau perlengkapan kesehatan Rp 70,3 miliar. Ini terdiri dari pembagian masker, hand sanitizer, disinfektan, operasional Posko Aman, edukasi dan sosialisasi vaksin, serta penyelenggaraan operasional pos pelayanan vaksin bagi ratusan ribu mitra driver di lebih dari 70 kota
  3. Pendapatan bagi mitra driver Rp 15 miliar. Ini berupa pengganti pendapatan bagi mitra yang non-aktif sementara saat masa pemulihan dari Covid-19

Kevin menjelaskan, bantuan uang belanja tersebut diberikan mulai awal bulan ini. Uang sembako ini akan diberikan kepada ratusan ribu mitra pengemudi taksi dan ojek online di Indonesia yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

Langkah tersebut juga bagian dari apresiasi Gojek terhadap mitra pengemudi taksi dan ojek online yang mau vaksinasi Covid-19. Ini sejalan dengan upaya pemerintah mempercepat program vaksinasi nasional.

Ia juga menyampaikan, entitas gabungan Gojek dan Tokopedia yakni GoTo berkomitmen mendukung wirausaha lokal, termasuk mitra pengemudi taksi dan ojek online.

Juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menambahkan, kerja sama seluruh pihak dalam mempercepat program vaksinasi nasional perlu terus dijalankan. “Keterlibatan Gojek merangkul seluruh mitra untuk menjalani vaksinasi melalui berbagai inisiatif, salah satunya dengan pemberian apresiasi, merupakan langkah yang patut ditiru,” katanya.

Inisiatif dari hulu ke hilir itu dinilai membantu mitra pengemudi taksi dan ojek online secara finansial dan memacu mereka untuk menjaga kesehatan saat bekerja.

Gojek menjalankan program tersebut di negara lain di mana decacorn beroperasi. Bantuan disesuaikan dengan ketentuan di masing-masing wilayah. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait