Facebook – WhatsApp Down, Mark Zuckerberg: Layanan Kami Jadi Andalan

Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami gangguan pada Senin malam (4/10) hingga Selasa (5/10). Pendiri perusahaan Mark Zuckerberg justru bicara soal kekuatan.
Desy Setyowati
5 Oktober 2021, 15:43
facebook, instagram, whatsapp, mark zuckerberg
Katadata
Logo Facebook

Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami gangguan (down) pada Senin malam (4/10) hingga Selasa (5/10). Pendiri perusahaan Mark Zuckerberg meminta maaf terkait hal ini.

"Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kembali online," kata Zuckerberg dalam unggahan di Facebook, Selasa (5/10). "Maaf atas gangguan hari ini.”

Pada kesempatan itu, ia mengatakan bahwa banyak orang di dunia mengandalkan Facebook, Instagram, dan WhatsApp. “Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang disayangi," katanya.

Berdasarkan data Statista, jumlah pengguna aktif Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Messenger mencapai 3,51 miliar per bulan per September. Khusus untuk Facebook, sekitar 2,89 miliar.

WhatsApp juga meminta maaf kepada pengguna atas gangguan yang terjadi sejak Senin malam. “Kami mulai perlahan dan hati-hati membuat WhatsApp berfungsi kembali. Terima kasih banyak atas kesabaran Anda,” kata perusahaan melalui Twitter, Selasa pagi.

Sputnik mengatakan dalam unggahan resmi, bahwa gangguan itu merupakan yang terluas dampaknya. “Ini pemadaman terbesar yang pernah kami alami di Downdetector dengan lebih dari 10,6 juta laporan masalah dari seluruh dunia,” kata perusahaan.

Keluhan paling banyak berasal dari AS, yakni lebih dari 1,7 juta. Lalu Jerman 1,3 juta dan Belanda 915 ribu.

Namun, pengguna mulai melaporkan bahwa Instagram, WhatsApp, dan layanan lain di bawah Facebook dapat diakses sejak sekitar 11:30 EST pada Senin.

Hasil pengujian oleh BleepingComputer, server sistem nama domain alias Domain Name System (DNS) Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons. Ini menunjukkan bahwa konfigurasi DNS atau server ketiga aplikasi mengalami masalah.

DNS merupakan sistem yang berfungsi menyimpan semua informasi data domain dalam jaringan. Sistem ini akan membawa pengguna untuk mengakses situs atau aplikasi yang menjadi tujuannya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait