Transaksi Wisata Online Naik 10 Kali saat 11.11, Turki - Bali Diminati

Desy Setyowati
22 November 2021, 11:31
wisata, traveloka, tikt.com, 11.11, bali
Traveloka
Suasana Pantai Cimaja sebagai wisata pantai Sukabumi di kala senja

ShopBack mencatat, transaksi layanan wisata (travel) melonjak 10 kali lipat saat festival belanja 11.11 dibanding sepekan sebelumnya. Destinasi wisata dalam dan luar negeri diminati, termasuk Bali dan Turki.

Berdasarkan data internal ShopBack, tujuan wisata dalam negeri yang populer saat 11.11 yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Seminyak (Bali). Sedangkan platform yang diminati Tiket.com, Agoda, Booking.com, dan PegiPegi.

Data transaksi wisata lainnya saat festival belanja 11.11 sebagai berikut:

  • Redirect atau kunjungan ke merchant meningkat lebih dari 12 kali lipat
  • Total transaksi bruto atau GMV naik lebih dari 10 kali lipat
  • Jumlah pengguna bertambah lebih dari 10 kali lipat

Masa pra-pandemi corona, biasanya puncak transaksi travel terjadi pada November dan Desember. ShopBack memprediksi tren yang sama akan terjadi tahun ini,” kata Country General Manager ShopBack Indonesia Galuh Chandra Kirana dalam keterangan pers, Senin (22/11).

Namun pemerintah memutuskan untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 3 di Indonesia selama libur Natal dan Tahun Baru atau nataru.

Meski begitu, Galuh memperkirakan transaksi layanan wisata dapat melebihi tahun lalu. “Dengan catatan keadaan tetap kondusif,” kata dia.

Potensi peningkatan transaksi itu juga karena banyak platform online travel agent (OTA) yang mulai memberikan promosi. “Kami optimistis kontribusi pariwisata untuk membantu perekonomian Indonesia akan semakin meningkat akhir tahun ini,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...