Transaksi Wisata Online Naik 10 Kali saat 11.11, Turki - Bali Diminati

Transaksi layanan wisata seperti Traveloka dan Tiket.com melonjak 10 kali lipat saat 11.11. Tujuan wisata dalam dan luar negeri, termasuk Turki dan Bali.
Desy Setyowati
22 November 2021, 11:31
wisata, traveloka, tikt.com, 11.11, bali
Traveloka
Suasana Pantai Cimaja sebagai wisata pantai Sukabumi di kala senja

ShopBack mencatat, transaksi layanan wisata (travel) melonjak 10 kali lipat saat festival belanja 11.11 dibanding sepekan sebelumnya. Destinasi wisata dalam dan luar negeri diminati, termasuk Bali dan Turki.

Berdasarkan data internal ShopBack, tujuan wisata dalam negeri yang populer saat 11.11 yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Seminyak (Bali). Sedangkan platform yang diminati Tiket.com, Agoda, Booking.com, dan PegiPegi.

Data transaksi wisata lainnya saat festival belanja 11.11 sebagai berikut:

  • Redirect atau kunjungan ke merchant meningkat lebih dari 12 kali lipat
  • Total transaksi bruto atau GMV naik lebih dari 10 kali lipat
  • Jumlah pengguna bertambah lebih dari 10 kali lipat

Masa pra-pandemi corona, biasanya puncak transaksi travel terjadi pada November dan Desember. ShopBack memprediksi tren yang sama akan terjadi tahun ini,” kata Country General Manager ShopBack Indonesia Galuh Chandra Kirana dalam keterangan pers, Senin (22/11).

Advertisement

Namun pemerintah memutuskan untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 3 di Indonesia selama libur Natal dan Tahun Baru atau nataru.

Meski begitu, Galuh memperkirakan transaksi layanan wisata dapat melebihi tahun lalu. “Dengan catatan keadaan tetap kondusif,” kata dia.

Potensi peningkatan transaksi itu juga karena banyak platform online travel agent (OTA) yang mulai memberikan promosi. “Kami optimistis kontribusi pariwisata untuk membantu perekonomian Indonesia akan semakin meningkat akhir tahun ini,” ujarnya.

ShopBack mencatat, peningkatan transaksi layanan wisata terjadi sejak September. Order meningkat dua kali lipat pada September - Oktober dibandingkan masa sebelum PPKM.

Tujuan wisata dalam negeri yang diminati saat 10.10 yakni:

  • Malang
  • Surabaya
  • Jakarta
  • Bandung
  • Bali

Sedangkan destinasi wisata luar negeri yang paling banyak dipesan yakni:

  • Turki
  • Timur Tengah
  • Amerika Serikat
  • Hong Kong
  • Jepang
  • Inggris
  • Belanda
  • Kanada
  • Spanyol
  • Italia

Berdasarkan survei ShopBack, sebanyak 55,7% dari total 13.358 responden menyatakan berencana untuk berwisata. Mayoritas dari mereka pun merasa aman untuk bepergian saat ini.  Rinciannya sebagai berikut:

Travel Sentimen di Indonesia pada 10.10 2021
Travel Sentimen di Indonesia pada 10.10 2021 (ShopBack)

Saat 10.10, platform yang paling banyak digunakan yakni:

  • Traveloka
  • Tiket.com
  • Situs resmi masing-masing penyedia layanan
  • Pegipegi
  • Agoda

Alasan utama platform-platform itu dipilih yaitu:

  • Banyak promo
  • Harga kompetitif
  • Aplikasi yang mudah digunakan
  • Banyak opsi pembayaran
  • Mudah untuk membatalkan atau refund

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait