Uang Kripto Catat Rekor Arus Modal Masuk dalam 11 Bulan

Produk dan dana investasi uang kripto membukukan rekor arus modal masuk dalam 11 bulan pertama tahun ini. Padahal, harga bitcoin, ethereum hingga shiba inu sempat turun dalam beberapa minggu terakhir.
Desy Setyowati
30 November 2021, 07:49
kripto, investasi, cryptocurrency, bitcoin, ethereum, shiba inu
Bloomberg
Ilustrasi uang kripto

Produk dan dana investasi mata uang kripto (cryptocurrency) membukukan rekor arus modal masuk dalam 11 bulan pertama tahun ini. Ini karena investor institusional berbondong-bondong masuk, meskipun ada penurunan harga dalam beberapa minggu terakhir.

Total arus masuk ke investasi uang kripto US$ 9,5 miliar per akhir pekan lalu (26/11).

Dana yang mengalir untuk investasi kripto seperti bitcoin, ethereum, shiba inu mencapai US$ 306 juta minggu ini. “Bitcoin bahkan mencatatkan arus masuk terbesar dalam lima minggu, yakni total US$ 247 juta,” demikian laporan dari manajer aset digital CoinShares, dikutip dari India News Republic, Selasa (30/11).

Arus modal masuk ke aset kripto meningkat setelah Invesco meluncurkan produk cryptocurrency yang diperdagangkan di bursa bitcoin di Eropa.

Advertisement

CoinDesk juga melaporkan bahwa manajer aset WisdomTree mendaftarkan tiga keranjang kripto ETP atau platform perdagangan elektronik di bursa saham Swiss SIX dan Borse Xetra yang berbasis di Frankfurt.

Khusus untuk bitcoin, CoinShares mencatatkan total arus modal masuk US$ 2,7 miliar selama 11 minggu.

Dana mengalir ke bitcoin ketika harga kripto ini turun 2,3% dan setelah penurunan 10,4% minggu sebelumnya. Pada Jumat (26/11), bitcoin merosot hampir 9% karena investor khawatir dampak varian baru Covid-19 Omicron.

Bitcoin terakhir naik 2% menjadi US$ 58.483. “Inflasi meroket dan orang-orang mencari lebih banyak alternatif untuk uang mereka di bank,” kata K​epala Bot Perdagangan Kripto Otomatis Berbasis Cloud Cryptohopper, Ruud Feltkamp.

Menurut dia, investor melihat penurunan harga kripto sebagai momen untuk berinvestasi. “Kami masih berada di tengah siklus bullish, dan saya pikir kenaikan inflasi akan menyebabkan lebih banyak uang yang dialokasikan untuk saham dan kripto," ujar dia.

Sedangkan aliran dana ke produk dan dana investasi berbasis ethereum total US$ 23 juta dalam lima pekan.

Dalam hal arus masuk relatif terhadap aset yang dikelola, polkadot dan solana terus menjadi pemenang. Aliran dana ke polkadot mewakili 8,6% dari aset yang dikelola atau US$ 11,5 juta.

Sedangkan arus modal masuk ke solana 5,9% atau US$ 14,6 juta minggu lalu.

CoinShares juga mengumumkan bahwa mereka melacak ETP blockchain ekuitas. Saat ini, assets under management (AUM) atau total nilai pasar investasinya US$ 3,7 miliar.

ETP itu membukukan arus modal masuk US$ 20 juta minggu lalu. Sejak awal tahun nilainya US$ 2 miliar.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait