Paling Dicari di Google Tahun Ini: BTS Meal, PeduliLindungi, Jamet

BTS Meal dan PeduliLindungi termasuk topik yang paling banyak dicari oleh pengguna internet Indonesia di Google Search. Selain itu, istilah jamet dan gelay banyak dicari.
Image title
8 Desember 2021, 16:39
google, bts, bts meal, pedulilindungi
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Google mengumumkan Year in Search 2021 yang berisi momen dan tren sepanjang tahun berdasarkan penelusuran pengguna internet di Indonesia. Beberapa topik yang paling banyak dicari seperti BTS Meal dan PeduliLindungi.

Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan mengatakan, Year in Search 2021 menggambarkan topik yang tren di Indonesia sepanjang tahun. Ini berdasarkan hasil penelusuran pengguna internet Tanah Air per bulan lalu (30/11).

Google kemudian mengumpulkan sejumlah data topik paling banyak dicari pengguna internet dalam penelusuran berdasarkan sembilan kategori, yakni "apa itu", "siapa", "bagaimana cara", "film", "peristiwa nasional", "lagu", "resep", "covid-19", dan "overall trends".

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu hanya memasukkan data topik yang paling banyak dicari dan tidak menyusunnya berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.

Advertisement

Pada kategori "apa itu" misalnya, Google mencatat bahwapengguna internet di Indonesia banyak menelusuri pengertian terkait komorbid, insecure, jamet, gelay, mletre ghosting, ikoy ikoy an, cepu, disleksia, dan himpor.

Sedangkan pada kategori "siapa", ada sejumlah nama yang paling dicari oleh pengguna internet di Indonesia. Mereka yakni Greysia Polii, Elon Musk, Siska Kohl, Vanessa Angel, Cha Eun-Woo, Amanda Manopo, Nissa Sabyan, Akidi Tio, Anthony Ginting hingga Dewa Kipas.

Pada kategori "overall trending," Google memasukkan sejumlah topik yang paling banyak dicari oleh pengguna internet di Indonesia. Di dalamnya, ada topik terkait Piala Euro, Olimpiade Tokyo, BPJS Ketenagakerjaan hingga BTS Meal.

"BTS meal menjadi momen trending dan membuat geger Indonesia. Ini tidak hanya soal makanan, tapi juga kreativitas," kata Feliciana dalam konferensi pers virtual, Rabu (8/12).

Kemudian, pengguna internet di Indonesia banyak yang mencari topik terkait vaksin Covid-19, pencegahan Covid-19, PPKM diperpanjang hingga PeduliLindungi.

"PeduliLindungi tidak luput dari pencarian masyarakat Indonesia. Mereka mencari tahu bagaimana penggunaannya, cara untuk mendapatkan sertifikat vaksin, dan lainnya," ujar Feliciana.

Berdasarkan data tersebut, menurutnya masyarakat Indonesia sangat ingin pulih dari pandemi Covid-19. Masyarakat banyak mencari tahu pada kategori "bagaimana cara", seperti cara mengembalikan indera penciuman, cara meningkatkan saturasi oksigen, dan pencegahan Covid-19.

Selain itu, masyarakat Indonesia banyak mencari hiburan di rumah selama pandemi Covid-19. Ada sejumlah film lokal yang banyak dicari seperti Ali & Ratu-Ratu Queens, hingga serial dari Netflix, Squid Game.

Untuk kategori "lagu," terdapat sejumlah kata kunci yang banyak dicari, seperti lagu Widodari dari Denny Caknan dan Guyon Waton, C.H.R.I.S.Y.E dari Diskoria dan Eva Celia, hingga lagu dari musisi mancanegara seperti Butter dari BTS.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait