Transaksi Lazada Rp 302 Triliun dalam Setahun

Lazada mencatatkan transaksi bruto US$ 21 miliar dalam setahun. Investornya, yakni Alibaba menargetkan e-commerce asal Singapura ini meraup transaksi US$ 100 miliar.
Image title
17 Desember 2021, 17:43
lazada, e-commerce, 12.12, alibaba
Katadata/desy setyowati
Acara Lazada 11.11 pada 2019

Lazada mencatatkan transaksi bruto atau gross merchandise value (GMV) dalam setahun US$ 21 miliar atau sekitar Rp 302 triliun per September 2021. Sedangkan konsumen aktif tahunan naik 1,8 kali lipat menjadi 130 juta.

“Nilai transaksi net alias nett merchandise value (NMV) atau GMV setelah dikurangi biaya dan pengeluaran, juga melonjak lebih dari 60% selama periode yang sama,” demikian isi presentasi Lazada kepada investor dikutip dari Tech In Asia, Jumat (17/12).

Sedangkan jumlah konsumen aktif tahunan meningkat dari 73 juta pada Maret 2020 menjadi 130 juta per September 2021. Pengguna aktif bulanan alias monthly active users (MAU) naik 1,7 kali dari 92 juta menjadi 159 juta.

Lalu mitra penjual bulanan naik 2,1 kali dari 443 ribu menjadi 922 ribu. Sedangkan unit penyimpanan stok atau stock keeping unit (SKU) penjualan aktif bulanan meningkat 2,2 kali dari 15 juta menjadi 33 juta.

Advertisement

Alibaba Group Holding Ltd. menargetkan GMV Lazada US$ 100 miliar atau sekitar Rp 1.433 triliun dan lebih dari 300 juta pengguna. Perusahaan asal Cina ini berinvestasi di e-commerce Singapura, Lazada Group pada 2016.

“Alibaba ingin Lazada melayani lebih dari 300 juta pengguna pada akhirnya,” demikian isi presentasi yang diunggah di situs web.

Sedangkan pada festival belanja 12.1, Lazada mencatatkan peningkatan jumlah rata-rata orang yang berbelanja 70% secara tahunan (year on year/yoy). Jumlah penjual juga naik lebih dari 65%.

Executive Director Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan, capaian itu menunjukkan bahwa festival belanja 12.12 masih menjadi andalan penjual dalam menarik konsumen. 

"Jadi, banyak capaian rekor yang dipecahkan di Lazada 12.12 Grand Year End Sale tahun ini, baik bagi konsumen Indonesia maupun bagi brand dan penjual Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kami," kata Ferry dalam siaran pers, kemarin (16/12).

Lazada mengandalkan fitur siaran langsung atau live-streaming LazLive dan game selama periode ini. Tercatat, konser virtual Lazada 12.12 Grand Show menarik perhatian jutaan penonton, dengan jumlah penonton meningkat 140%.

Selain itu, hampir enam juta konsumen bermain Lazzie Star. Konsumen juga mendapatkan kesempatan memenangkan satu unit rumah senilai Rp 1,5 miliar.

Sedangkan pada festival 11.11, fitur LazLive berkontribusi lebih dari 187% terhadap GMV.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait