Transaksi Lazada Rp 302 Triliun dalam Setahun

Fahmi Ahmad Burhan
17 Desember 2021, 17:43
lazada, e-commerce, 12.12, alibaba
Katadata/desy setyowati
Acara Lazada 11.11 pada 2019

Lazada mencatatkan transaksi bruto atau gross merchandise value (GMV) dalam setahun US$ 21 miliar atau sekitar Rp 302 triliun per September 2021. Sedangkan konsumen aktif tahunan naik 1,8 kali lipat menjadi 130 juta.

“Nilai transaksi net alias nett merchandise value (NMV) atau GMV setelah dikurangi biaya dan pengeluaran, juga melonjak lebih dari 60% selama periode yang sama,” demikian isi presentasi Lazada kepada investor dikutip dari Tech In Asia, Jumat (17/12).

Sedangkan jumlah konsumen aktif tahunan meningkat dari 73 juta pada Maret 2020 menjadi 130 juta per September 2021. Pengguna aktif bulanan alias monthly active users (MAU) naik 1,7 kali dari 92 juta menjadi 159 juta.

Lalu mitra penjual bulanan naik 2,1 kali dari 443 ribu menjadi 922 ribu. Sedangkan unit penyimpanan stok atau stock keeping unit (SKU) penjualan aktif bulanan meningkat 2,2 kali dari 15 juta menjadi 33 juta.

Alibaba Group Holding Ltd. menargetkan GMV Lazada US$ 100 miliar atau sekitar Rp 1.433 triliun dan lebih dari 300 juta pengguna. Perusahaan asal Cina ini berinvestasi di e-commerce Singapura, Lazada Group pada 2016.

“Alibaba ingin Lazada melayani lebih dari 300 juta pengguna pada akhirnya,” demikian isi presentasi yang diunggah di situs web.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...