Kominfo Siap Bagikan Set Top Box TV Digital Gratis, Kapan?

Kominfo masih mengunggu komitmen pemenang slot multipleksing seperti MNC dan SCTV untuk membagikan set top box gratis bagi warga kurang mampu. Kapan alat penangkap sinyal TV digital ini dibagikan?
Image title
30 Desember 2021, 16:45
tv digital, tv analog, kominfo, set top box, set top box gratis
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Warga menonton televisi yang menayangkan langsung penyuntikan vaksin CoronaVac perdana di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah menyiapkan penyaluran set top box televisi atau TV digital gratis. Namun, Kominfo masih menunggu komitmen dari pemenang slot multipleksing seperti PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) dan PT Surya Citra Media (SCTV).

Set top box merupakan alat penangkap sinyal. Untuk bisa mengakses siaran TV digital, masyarakat memperlukan televisi dengan fitur DVB-T2 atau set top box sejenis.

"Kominfo masih berdiskusi dengan penyelenggara multipleksing dan mendorong komitmen mereka sesuai amanat dan dilakukan," kata Juru bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi dalam konferensi pers di Jakarta, pada Kamis (30/12).

Setelah ada komitmen penyaluran set top box TV digital dari penyelenggara multipleksing, Kominfo baru menghitung jumlah kekurangan perangkat yang akan dibagikan. "Kami hitung berapa ratus ribu atau juta yang belum,” ujar dia.

Kekurangannya akan dibagikan menggunakan pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Penyediaan set top box gratis memang berasal dari dua sumber, yakni:

  1. Pemerintah, yang akan disalurkan lewat pemda
  2. Perusahaan penyelenggara multipleksing seperti grup Media, MNC, SCTV, dan Transmedia Corpora

Saat ini, Kominfo sedang melakukan finalisasi aturan teknis terkait penyaluran set top box gratis kepada warga miskin. Kementerian juga menghitung jumlah warga miskin yang berhak menerima bantuan ini.

Berdasarkan perhitungan sementara, akan ada 6,7 juta set top box gratis bagi warga miskin. Jumlah ini mengacu pada data keluarga kurang mampu dari Badan Pusat Statistik (BPS). Kementerian menghitung harga satu alat Rp 100 ribu, sehingga menyiapkan Rp 670 miliar.

Meski begitu, sejumlah stasiun TV telah membagikan set top box gratis kepada masyarakat. Stasiun TV milik Transmedia Corpora Trans 7 misalnya, membagikan 1.000 unit perangkat kepada warga pada Oktober.

Direktur Corporate Secretary MNC Group sekaligus Ketua Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Syafril Nasution sebelumnya mengatakan, stasiun TV swasta berencana menyediakan set top box sesuai jumlah yang ditawarkan dalam proposal saat tender multipleksing pada April 2021.

"Skema pembagiannya akan diatur berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial tentang jumlah rumah tangga miskin di Indonesia," ujar Syafril kepada Katadata.co.id, pada Agustus (20/8).

Kominfo menargetkan distribusi set top box gratis dibagikan sesuai jadwal tahapan migrasi dari TV analog ke TV digital alias Analog Switch Off (ASO). ASO dibagi dalam tiga tahapan yakni 31 April, 25 Agustus, dan 2 November 2022.

Kominfo menyarankan masyarakat migrasi ke TV digital tanpa perlu menunggu jadwal penyetopan TV analog. Caranya, gunakan aplikasi Sinyal TV Digital di Play Store dan App Store untuk mengetahui lokasi yang mendapatkan siaran.

Di aplikasi itu masyarakat bisa mengaktifkan lokasi GPS. Ini akan menunjukkan arah antena. Lalu, akan muncul informasi akses TV digital di wilayah tersebut.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait