Ashanty Positif Covid-19 dari Turki, Kemenkes Tunggu Hasil Tes Omicron

Kemenkes masih menunggu hasil pemeriksaan S gene target failure dan whole genome sequencing untuk mengetahui infeksi varian Covid-19 Omicron. Ashanty menjalani karantina di rumah sakit.
Image title
7 Januari 2022, 13:24
Ashanty, Turki, Omicron
ANTARA FOTO/REUTERS/Murad Sezer/aww/cf
Banyak turis asal Indonesia yang berlibur ke Turki. Salah satunya daya tarik Turki situs Hagia Sophia atau Ayasofya.

Artis Ashanty dikabarkan positif Covid-19 usai melancong dari Turki. Kementerian Kesehatan mencatat
6 dari 13 pelaku perjalanan luar negeri terdeteksi positif virus corona dan masih menunggu hasil pemeriksaan tes untuk menentukan infeksi varian Omicron.

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan hasil tersebut diketahui dari tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Memang ada pelaku perjalanan luar negeri, salah satunya inisial A saat entry tes didapatkan hasil PCR positif," kata Nadia saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (7/1).

Nadia menyatakan Kemenkes masih menunggu hasil  pemeriksaan S gene target failure dan whole genome sequencing untuk mengetahui infeksi varian Covid-19 Omicron. "Belum bisa dipastikan apakah A dan rombongan lain tertular varian Omicron."

Pemeriksaan varian tersebut dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Seluruh WNI yang pulang dari luar negeri akan menjalani tes untuk memastikan varian yang menginfeksi tubuhnya.

Saat ini, Ashanty dan mereka yang pulang dari luar negeri sedang menjalani karantina di hotel karantina. "Berdasarkan kebijakan, semua kasus positif harus melakukan isolasi terpusat di rumah sakit atau Wisma Atlet," ujar Nadia.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Hery Trianto mengatakan, Ashanty telah melalui prosedur skrining sesuai ketentuan.

"Turun dari pesawat, penumpang menjalani tes PCR, cek suhu, dan screening serta admistrasi lain hingga menyelesaikan proses imigrasi," ujar Hery.

Namun, hasil tes PCR perlu menunggu waktu selama beberapa jam. Guna menghindari penumpukan penumpang di bandara, Ashanty pun melakukan karantina di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

"Jadi sebagian besar hasil PCR memang didapat saat pelaku perjalanan sudah di hotel karantina," ujar Hery.

Mengutip dari Instagram story @ashanty_ash, ia telah menjalankan tes PCR sebanyak dua kali, yaitu di Istanbul dan bandara di Indonesia. Ashanty pun melakukan karantina di hotel sambil menunggu hasil tes PCR di bandara.

Setelah itu, hasil tes PCR menunjukkan positif Covid-19. Ashanty pun melakukan isolasi di sebuah rumah sakit yang sudah disetujui oleh Satgas Penanganan Covid-19.

"Dikarenankan saya punya penyakit autoimun dan demi keselamatan bersama, saya isolasi di RS," tulis Ashanty.

Saat ini, ia tidak merasakan gejala berat Covid-19. Meski begitu, ia tetap menjalankan prosedur isolasi agar virus tak menyebar kepada orang lain. "Sehingga saya tidak karantina mandiri ataupun di hotel karantina, melainkan di rumah sakit," tulisnya.

 

Advertisement
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait