Unicorn Kopi Kenangan Rilis Produk Baru, Bidik Gen Z dan Milenial

Kopi Kenangan meluncurkan produk baru yakni kopi siap saji. Unicorn anyar Indonesia ini membidik segmen gen Z dan milenial.
Image title
17 Januari 2022, 17:04
Kopi Kenangan, kopi, unicorn, startup
Kopi Kenangan
Kopi Kenangan meluncurkan produk kopi siap saji pada Senin (17/1/2022).

Kopi Kenangan merilis produk baru kopi siap saji atau ready to drink bernama Kopi Kenangan Hanya Untukmu. Unicorn baru Indonesia menyasar pasar kelompok usia generasi atau gen Z dan milenial.

Produk itu diluncurkan setelah startup kuliner tersebut memperoleh pendanaan seri C tahap pertama US$ 96 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun.

"Melalui pendanaan itu, kami harus berinovasi memuaskan konsumen. Salah satu inovasi baru kami yaitu produk kopi siap saji," kata Co-Founder sekaligus Chief of Business Development Officer Kopi Kenangan James Prananto dalam acara peluncuran Kopi Kenangan Hanya Untukmu di Jakarta, Senin (17/1).

Advertisement

Kopi siap saji terdiri dari tiga varian, yakni kopi gula aren (black aren), capuccino atau mantancino, dan alpukat alias avocuddle. Ketiganya sudah dijual di jaringan ritel modern seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret.

Harga produk yakni Rp 9.500. James mengatakan, Kopi Kenangan memposisikan diri di pasar produk kopi siap saji sebagai produk premium.

"Produk kami 100% susu murni, gula aren, dan biji kopi asli Indonesia," ujar James.

Kopi Kenangan memilih pasar kopi siap saji karena potensinya dianggap besar. Menurut data NielsenIQ, pertumbuhan volume rata-rata kategori ini sebelum pandemi corona 20%.

Meskipun sempat turun pada 2020 imbas Covid-19, pertumbuhannya kembali menguat menjadi 20% tahun lalu. "Jadi potensinya masih besar untuk sektor ini," ujar James.

Kopi Kenangan pun menyasar gen Z dan milenial dalam memasarkan produk kopi siap saji ini. Sebab, minum kopi sudah menjadi gaya hidup konsumen kedua generasi ini.

James mengatakan, meskipun gencar berinovasi dengan meluncurkan produk siap saji, namun Kopi Kenangan tetap tidak melupakan produk lainnya, seperti fresh brew. "Produk siap saji ini mendukung Kopi Kenangan untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi," katanya.

Pada November 2021, Kopi Kenangan membentuk perusahaan induk atau holding bernama Kenangan Brands. Holding itu menaungi sejumlah merek tidak hanya kopi, tapi Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis.

Saat ini, Kopi Kenangan memiliki lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia. Startup kuliner ini mencatatkan kenaikan penjualan lebih dari dua kali lipat tahun lalu. 

Selama 12 bulan terakhir, Kopi Kenangan menyajikan 40 juta cangkir kopi. Tahun ini, perusahaan menargetkan penyediaan 5,5 juta cangkir per bulannya.

Perusahaan rintisan itu juga berencana ekspansi ke luar negeri. Namun, rencana ini masih dikaji.

"Kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar," kata CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan Edward Tirtanata dalam siaran pers, bulan lalu (27/12/2021).

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait