Telkomsel Mulai Alihkan Jaringan 3G ke 4G, Bagaimana Efek ke Pengguna?

Fahmi Ahmad Burhan
21 Januari 2022, 11:52
Telkomsel, 3g, 4g, internet
Telkomsel
Telkomsel percepat peralihan jaringan 3G ke 4G

Telkomsel mempercepat pengalihan jaringan internet generasi ketiga (3G) ke 4G/LTE. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga berjanji mempermudah pengguna beralih.

“Kami harap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi digital lintas-sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi digital nasional,” kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangan pers, Jumat (21/1).

Hal itu juga dalam rangka mendukung upaya pemerintah menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas maksimal yang merata hingga pelosok negeri.

Telkomsel menjadi mitra Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam menyediakan menara Base Transceiver Station atau BTS di daerah 3T atau tertinggal, terdepan, dan terluar. Operator seluler berpelat merah ini bakal menggelar BTS Universal Service Obligation (USO) 4G/LTE di 7.772 titik desa di 3T.

Perusahaan dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo telah menggelar 1.158 BTS USO. Seluruhnya telah terhubung teknologi jaringan broadband 4G/LTE.

BAKTI dan Telkomsel menargetkan dapat membangun 7.772 BTS USO 4G/LTE. Ini akan dibangun di Area 2 (Nusa Tenggara), Area 3 (Kalimantan), Area 4 (Sulawesi), Area 5 (Maluku) Area 6 (Papua Barat), Area 7 (Papua Tengah Barat), Area 8 (Papua Tengah Utara), dan Area 9 (Papua Timur Selatan).

Hendri memastikan proses pengalihan layanan 3G ke 4G/LTE telah melalui tahap pengkajian, perencanaan, serta persiapan yang matang. Ini mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia.

Untuk itu, Telkomsel secara berkala berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait, mulai dari Kominfo hingga lembaga/institusi konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

“Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action plan mulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan hingga tahapan mitigasi dengan optimal,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...