Riset: Pengiriman dan Kualitas Produk Tokopedia Mengungguli Shopee

Desy Setyowati
19 April 2022, 13:23
Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia, e-commerce, blibli
Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia
Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia

Hasil riset perusahaan market research global, Ipsos menunjukkan bahwa Tokopedia juara dalam hal layanan pengiriman dan kualitas produk di Indonesia. E-commerce yang berafiliasi dengan Gojek ini mengalahkan Shopee, Lazada hingga Blibli.

Laporan tersebut berdasarkan survei terhadap 1.051 responden di 15 kota besar di Indonesia pada Januari. Mayoritas konsumen menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e-commerce Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan pesaingnya.

Sebanyak 74% responden menyebut bahwa kualitas produk di Tokopedia baik. Lalu Shopee 63%, Lazada 63%, Bukalapak 50%, dan OLX 40%.

Layanan pengiriman juga unggul, baik dari sisi kelengkapan pilihan, kecepatan, dan fitur. Rinciannya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Alasan masyarakat menggunakan layanan e-commerce
Alasan masyarakat menggunakan layanan e-commerce (Antara/Ipsos)


“Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen," kata Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia Lioni Halim dikutip dari Antara, Senin (18/4).

"Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen. Terlebih lagi ketika layanan itu baik, cepat, dan mudah dilacak,” ujar Lioni. “Dari hasil survei ini, layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek e-commerce lain.”

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...