Telkom Luncurkan Lini Bisnis Metaverse metaNesia Minggu Ini

Fahmi Ahmad Burhan
28 Juli 2022, 16:25
Metaverse, Telkom, bumn
Telkom
Metaverse milik Telkom, metaNesia

Telkom akan meluncurkan lini bisnis metaverse bernama metaNesia akhir pekan ini. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini merambah teknologi dunia virtual karena potensinya dinilai besar.

Metaverse merupakan versi teranyar dari virtual reality (VR) tanpa komputer. Pengguna teknologi dapat memasuki dunia virtual menggunakan perangkat berupa headset atau kacamata berbasis augmented reality (AR) maupun VR.

Telkom mengembangkan metaNesia melalui payung Leap-Telkom Digital. Nama metaNesia ini diambil dari akronim dari metaverse Indonesia.

metaNesia rencananya meluncur akhir pekan ini (31/7), dalam perhelatan Digiland di Istora Senayan, Jakarta. 

BUMN itu akan mengemas peluncuran dengan berbagai acara seperti exhibition, entertainment, e-sport, pameran NFT alias non-fungible token dan fotografi. 

Deputy Executive Vice President Digital Technology & Platform Business Telkom Indonesia Ery Punta Hendraswara mengatakan, metaNesia tidak sekadar menyuguhkan interaksi dengan visual biasa.

“Sebelumnya, orang punya persepsi kalau metaverse harus pakai VR, padahal metaverse lebih dari itu," kata Ery dalam siaran pers, Kamis (28/7).

Menurutnya, interaksi metaverse memang bisa menggunakan VR dan AR. Tetapi, bisa juga dilakukan lebih sederhana, seperti menggunakan ponsel atau personal computer (PC) layaknya bermain gim. 

Ery juga memaparkan bahwa akan banyak peluang baru yang tercipta dari kehadiran metaverse. Bagi korporasi misalnya, metaverse memberikan pengalaman baru dalam interaksi antara perusahaan, konsumen, dan target pasar yang akan dicapai.

Selama ini, korporasi hanya dapat menjangkau konsumen secara online dan offline. Kehadiran metaverse berada di antara dua hal tersebut. 

Artinya, metaverse menjadi komponen tambahan bagi korporasi untuk melayani konsumen atau mendapatkan pelanggan baru yang selama ini belum terjangkau.

“Pandemi membuat banyak perubahan. Untuk merek, metaverse tidak hanya sekadar channel baru, tetapi pengalaman anyar dan membuka peluang," katanya.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga bisa merambah metaverse lewat metaNesia. Telkom mengklaim, UMKM akan memiliki kesempatan untuk bekerja sama dan terhubung dengan perusahaan lainnya secara mudah lewat metaNesia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...