Mitra Warung Tokopedia Melonjak 2 Kali, terutama di Sulawesi dan Papua
Tokopedia mencatatkan peningkatan jumlah Mitra atau pemilik warung yang bergabung hampir dua kali lipat selama Agustus 2021 – Agustus 2022 (year on year/yoy). Kenaikan tertinggi yakni Indonesia Timur.
CTO Tokopedia Herman Widjaja menyampaikan, total jumlah penjual di platform mencapai 12 juta. Sedangkan jumlah Mitra Tokopedia meroket hampir dua kali lipat.
Namun, dia tidak memerinci jumlah Mitra Tokopedia yang terdiri dari pemilik warung maupun toko kelontong.
“Inisiatif kami seperti hiperlokal dengan teknologi geo-tagging guna mendekatkan penjual dan pembeli,” kata Herman dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (18/8). “Jadi tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar.”
Contoh manifestasi hiperlokal Tokopedia yakni:
- Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yakni halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli
- Aplikasi Mitra Tokopedia untuk membantu pemilik warung menyetok barang dagangan dan berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, hingga pembayaran pajak, biaya pendidikan maupun BPJS
- Tokopedia NOW!, menyediakan produk harian dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran
- Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) yang memungkinkan penjual menitipkan produk di ‘gudang pintar’ di wilayah dengan permintaan tinggi
- Digitalisasi Pasar Tradisional, lewat kerja sama dengan pemerintah pusat (pempus) dan daerah (pemda)
External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz mengatakan, selain jumlah mitra warung, volume transaksi ikut meningkat. “Jumlah transaksi tumbuh 1,5 kali lipat,” katanya.