Gojek Jawab Driver Taksi Online Demo Minta BlueBird Keluar dari GoCar

Lenny Septiani
14 September 2022, 18:10
taksi online, gojek, bluebird, demo
Katadata/Lenny Septiani
Pengemudi taksi online demo di kantor Gojek di Jakarta, Senin (12/9/2022)

Ribuan pengemudi taksi online demo di kantor Gojek pada Senin (12/9). Mereka menuntut lima hal, salah satunya ingin BlueBird keluar dari fitur GoCar.

Vice President Corporate Affairs Gojek Teuku Parvinanda tidak secara spesifik menanggapi tuntutan mengenai BlueBird. Secara keseluruhan, ia meminta mitra pengemudi aktif Gojek menyampaikan aspirasi melalui berbagai wadah komunikasi formal.

“Salah satunya Kopdar Mitra Gojek dan berbagai platform komunikasi lainnya,” kata Teuku dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Rabu (14/9).

Mereka dapat menyampaikan aspirasi, berbagi pengalaman, memberi masukan, serta berinteraksi dengan sesama mitra dan manajemen melalui kopdar.

“Wadah komunikasi ini digunakan Gojek untuk berkomunikasi dengan baik dan damai,” kata Teuku. “Termasuk untuk membahas aspirasi yang disampaikan dalam aksi demonstrasi pada Senin (12/9).”

Gojek juga mengimbau massa yang demo untuk dapat berkomunikasi dan menyampaikan aspirasi secara kondusif. “Serta menjunjung tinggi protokol kesehatan mengingat kita masih berada di tengah situasi pandemi,” ujarnya.

Sedangkan lima tuntutan mitra pengemudi taksi online sebagai berikut:

  1. Penyesuaian tarif mengikuti kenaikan harga BBM
  2. Memisahkan pesanan Go-Car Gojek dengan BlueBird
  3. Setop penerimaan mitra pengemudi taksi online yang baru
  4. Menurunkan potongan komisi dari posisi saat ini 20%
  5. Menghilangkan biaya pemesanan yang berpotensi menurunkan jumlah pesanan

Mitra pengemudi Gocar Gojek Rafail Tobianto (42 tahun) bercerita, dahulu, pengemudi taksi odnline GoCar menjadi prioritas jika ada order di aplikasi Gojek. "Kalau tidak ada yang mau, baru ditawarkan ke BlueBird," ujarnya kepada Katadata.co.id, Selasa (13/9). 

Namun saat ini, menurutnya sistem GoCar tidak jelas. "Misalnya, ada order di suatu wilayah yang ada pengemudi GoCar, tapi masuk ke BlueBird," ujar dia.

Ia berpikir demikian karena beberapa penumpang memilih GoCar ketimbang BlueBird, karena tarifnya tidak tetap. Namun sepengetahuannya, banyak pesanan yang masuk ke BlueBird.

Sedangkan menurutnya, BlueBird sudah mendapatkan keuntungan karena berpelat kuning. Hal ini memungkinkan mereka tidak terkena dampak aturan ganjil – genap.

Halaman:
Reporter: Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...