Unicorn Kuliner Indonesia Kopi Kenangan Rambah Malaysia

Kopi Kenangan membuka gerai pertama di Malaysia pada hari ini (18/10). Kemudian membangun empat toko lagi pada akhir tahun.
Desy Setyowati
18 Oktober 2022, 16:18
kopi kenangan, malaysia, unicorn
Kopi Kenangan
Pendiri Kopi Kenangan membuka gerai pertama di Malaysia pada Senin (17/10/2022)

Unicorn Kopi Kenangan membuka gerai di Suria KLCC, Malaysia. Rencana ekspansi ke negara lain di Asia Tenggara sudah diumumkan startup kuliner ini sejak 2020.

Co-founder sekaligus CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata menyampaikan, perkembangan budaya kopi di Malaysia stabil, terutama untuk model bisnis grab-and-go. Model bisnis ini memungkinkan konsumen memesan produk melalui aplikasi, lalu mengambilnya di gerai.

Selain itu, ada banyak kesamaan antara warga Malaysia dan Indonesia dalam hal cita rasa dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru.

Ia juga menilai, sektor kuliner di Malaysia menjanjikan. Terlebih lagi, Negeri Jiran ini tengah bertransformasi dalam menerapkan ekonomi digital berpenghasilan tinggi dengan berfokus pada digitalisasi.

Advertisement

“Itu sejalan dengan konsep bisnis Kopi Kenangan. Kami ingin menerapkan kesuksesan model bisnis kopi grab-and-go di Indonesia ke pasar luar negeri, dimulai dari Malaysia,” kata Edward dalam keterangan pers, Selasa (18/10).

Co-founder sekaligus Chief Business Development Kopi Kenangan James Prananto menambahkan, perusahaan akan beroperasi di bawah nama merek internasional Kenangan Coffee. “Inindigunakan di luar Indonesia,” ujar dia.

Alasan mereka menggunakan nama Kenangan Coffee yakni berfokus pada kata ‘kenangan’. “Harapan kami dapat memperlakukan setiap konsumen yang datang ke gerai sebagai teman dan setiap cangkir kopi dapat meninggalkan kenangan baik,” tambah dia.

Peresmian gerai di Suria KLCC itu dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara virtual dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini di lokasi.

Kenangan Coffee juga berencana membuka empat gerai lainnya di MyTown Cheras, Pavilion KL, NU Sentral KL, dan Sunway Pyramid PJ pada akhir tahun ini.

Selain itu, bakal meluncurkan Kenangan Academy di Uptown, PJ, untuk menyediakan berbagai program pelatihan bagi barista dan karyawan. Tujuannya menjadi pusat pelatihan profesional di bidang kuliner di Malaysia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait