Grup Investor Malaikat Buatan Telkom Suntik Lima Startup Tahun Ini

Lenny Septiani
20 Desember 2022, 12:47
MDI Ventures, Telkom, startup, investasi
MDI Ventures
MDI Ventures by Telkom Indonesia

Grup investor malaikat atau angel investor besutan anak usaha Telkom, MDI Ventures yakni eMerge menyuntik lima startup tahun ini. Grup ini memungkinkan masyarakat umum berinvestasi di perusahaan rintisan mulai dari US$ 10 juta atau sekitar Rp 150 juta.

Kelima startup yang disuntik oleh investor malaikat di eMerge yakni GOX, Swoop Move, Jobseeker, Kecilin.id, dan Gaspack. Mereka otomatis masuk dalam daftar portofolio MDI Ventures.

Tim eMerge juga akan membantu pengelolaan investasi secara langsung. Startup yang mendapatkan pendanaan dari angel investor pun berkesempatan memperoleh pendanaan lanjutan dari MDI Ventures.

“Salah satu keunggulan bergabung dengan network seperti eMerge adalah investor bisa berkenalan dengan sesama angel investor yang dapat membantu menilai apakah investasi di startup tertentu akan sepadan dengan hasil akhirnya,” ujar Partner eMerge Sarah Usman dalam keterangan pers, Selasa (20/12).

“Sebagian besar angel investor merupakan pemain kawakan di industri masing-masing, sehingga penilaian mereka sangat bisa diandalkan,” tambah dia.

Ada 77 investor malaikat yang tergabung di eMerge. Rincian latar belakangnya sebagai berikut:

  • Keuangan (28,21%)
  • FMCG (15,38%)
  • Media (10,26%)
  • Teknologi (10,26%)

Total investasi yang disalurkan oleh investor malaikat di eMerge lebih dari US$ 2 juta atau sekitar Rp 30 miliar sejak awal tahun.

Investor malaikat yang dimaksud bisa high net-worth Individuals, perusahaan keluarga, pendiri startup, maupun pebisnis yang mempunyai ketertarikan tinggi pada sektor teknologi.

Sarah menyampaikan, eMerge bertujuan membantu pengembangan ekosistem startup dengan memeratakan akses modal bagi perusahaan rintisan tahap awal. eMerge mengadakan sesi pitching atau pertemuan antara investor dan startup setiap bulan.

Selain itu, rutin menggelar diskusi topik tematik terkait lanskap industri. eMerge juga menggelar sesi edukasi secara berkala, guna menyediakan pelatihan kemampuan tertentu kepada para angel investor.

Selama proses investasi berlangsung, tim eMerge mendampingi para angel investor mulai dari penilaian tahap awal, due diligence, sampai manajemen portofolio ketika investasi bergulir. 

Managing Director at Northstar Carlson Lau menilai, eMerge menjadi wadah penting karena para angel investor bisa bertemu, berinvestasi, dan menjadi mentor untuk startup yang sedang naik daun di Indonesia.

Cara menjadi investor malaikat di eMerge:

  • Mendaftaran diri ke platform emerge.mdi.vc
  • Setelah disetujui, mereka akan mendapatkan akses tentang peluang investasi yang tersedia
  • Investor bisa memilih startup tertentu untuk pertemuan penjajakan lebih jauh
  • Jika investor tertarik mendalami suatu startup lebih lanjut, tim eMerge akan memulai proses due diligence dan melaporkan hasilnya pada angel investor
  • Ketika angel investor setuju untuk berinvestasi, maka startup tersebut akan resmi masuk ke dalam portfolio investor
  • Tim eMerge membantu pengelolaan secara langsung

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait