Kominfo Minta XL hingga Indosat Pacu Internet saat Natal & Tahun Baru

Lenny Septiani
23 Desember 2022, 13:11
internet, kominfo, natal dan tahun baru
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
Menteri Kominfo Johnny G Plate (kiri) mengikuti rapat kerja dengan Komisi I terkait evaluasi pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong operator seluler seperti XL Axiata, Indosat hingga Telkomsel untuk memperkuat kapasitas dan kualitas jaringan internet selama libur Natal dan Tahun Baru.

Sebab, permintaan layanan internet hingga telepon biasanya meningkat selama libur Natal dan Tahun Baru. “Kisaran kenaikan 3% - 17%,” ujar Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam keterangan pers, Selasa (20/12).

"Kominfo mendorong penguatan kapasitas dan kualitas jaringan melalui penerjunan mobile BTS atau base transceiver station di lapangan," kata Johnny.

Langkah Kominfo untuk menjaga kapasitas dan kualitas internet selama Natal dan Tahun Baru sebagai berikut:

  • Pengerahan personil untuk posko siaga dan drive test untuk optimasi jaringan
  • Pengawasan dan tindak lanjut gangguan jaringan melalui command center dan network operation center
  • Pengawasan sprektum frekuensi radio untuk memastikan penggunaan dapat berjalan dengan baik pada saat peak season arus komunikasi di saat menjelang Natal dan Tahun Baru

Johnny pun mencontohkan Telkomsel yang meningkatkan kapasitas internet gateway saat Natal dan Tahun Baru di antaranya:

  • 2021 naik 6.880 Gbps
  • 2022 naik 7.262 Gbps
  • 2023 naik 9.212 Gbps

Sedangkan pengawasan spektrum frekeunsi akan dilakukan secara rutin oleh 35 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia saat Natal dan Tahun Baru. "Dengan prioritas target frekuensi maritim marabahaya, penerbangan, pita seluler, dan radar cuaca," ujarnya.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait