iPhone 16 Pro Max Viral TikTok, Bocoran Spesifikasi dan Tanggal Rilis

Rupa iPhone 16 Pro Max viral di TikTok. Bagaimana spesifikasinya dan kapan dirilis di Indonesia?
Desy Setyowati
17 Januari 2023, 12:24
iphone 16 pro max, iphone 15, tiktok
apple.com
iPhone

iPhone 16 Pro Max di viral di TikTok setelah seorang pengguna membagikan ulasan. Apple belum mengumumkan waktu peluncuran ponsel ini di dunia, maupun Indonesia.

Pengguna TikTok @rizkipew membagikan ulasan gadget yang diklaim iPhone 16 Pro Max.

Ia juga membagikan beberapa foto yang diambil menggunakan gawai yang diklaim iPhone 16 Pro Max itu dalam mode portrait dan lowlight untuk foto malam hari.

Pengguna TikTok itu juga membagikan tampilan belakang iPhone 16 Pro Max. Bentuknya mirip dengan model Pro Max yang sudah dirilis.

Gadget yang diklaim iPhone 16 Pro Max itu memiliki kamera boba, dengan lima lensa di belakang. Sedangkan iPhone 14 mempunyai tiga.

Namun, Apple baru meluncurkan iPhone 14 pada September 2022. Perusahaan berbasis di Amerika Serikat (AS) ini biasanya merilis gawai terbaru pada September setiap tahun.

“Biasanya Apple menggelar acara iPhone tahunan pada September,” demikian dikutip dari CNET, akhir pekan lalu (14/1). “iPhone dirilis sepekan setelahnya pada Selasa atau Rabu.”

Jika itu benar, maka Apple diperkirakan baru akan menghadirkan iPhone 15 pada September 2023 dan iPhone 16 pada September 2024.

Oleh karena itu, belum ada informasi mengenai bocoran spesifikasi iPhone 16 maupun iPhone 16 Pro Max. Apple hanya akan meluncurkan sistem operasi atau operating system (OS) iOS 16 pada Maret.

Sedangkan bocoran spesifikasi iPhone 15 sudah banyak beredar. Rinciannya sebagai berikut:

1. Charger USB-C

iPhone 15 diperkirakan menggunakan pengisian daya alias charger USB-C. Ini karena Uni Eropa meminta Apple memakai jenis port ini pada 2024.

“Apakah Apple akan mengalihkan semua model iPhone ke USB-C atau hanya yang dijual di Eropa. Apple sudah memodifikasi model iPhone secara regional, seperti yang dilakukan dengan iPhone 14,” demikian dikutip dari CNET.

Analis di Techsponential Avi Greengart yakin Apple memiliki alasan bagus untuk mengalihkan semua iPhone ke USB-C ke depan. “Ada pertimbangan ekosistem, keamanan, dan aksesori yang lebih besar dengan konektor daya/data,” ujarnya.

2. Ada empat model iPhone 15

Produsen gawai itu diperkirakan merilis empat model iPhone 15.

3. Desain situs bar

iPhone 15 diprediksi tetap menggunakan Dynamic Island, yakni istilah Apple untuk fitur toggle atau situs bar di tepi atas layar. Ini tersedia di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

4. Tombol solid-state tersedia untuk iPhone 15 model pro

Analis TF International Securities Ming-Chi Kuo memperkirakan, model iPhone 15 Pro menggunakan volume solid-state dan tombol daya, ketimbang tombol standar yang ada pada perangkat saat ini.

Menurutnya, tombol solid-state iPhone 15 akan mirip dengan tombol home pada iPhone SE dan iPhone 7. Ini untuk melindungi dari masuknya air.

5. Peningkatan RAM untuk iPhone 15 model pro

Menurut firma riset Taiwan TrendForce, model Pro dari jajaran iPhone 15 akan mendapatkan peningkatan RAM dari 6 GB menjadi 8 GB dari 6GB. Ini untuk melengkapi chipset A17 Bionic.

“Model dasar akan terus menerima RAM 6GB,” kata TrendForce.

6. Kamera iPhone 15: Lensa telefoto gaya periskop

Ming-Chi Kuo memperkirakan, iPhone 15 Pro Max akan menggunakan lensa telefoto bergaya periskop. Lensa telefoto semacam ini memungkinkan tingkat zoom optik yang lebih tinggi.

Ia memperediksi, gawai tersebut bisa melakukan zoom optik 6x untuk iPhone 15 Pro Max. Ini melonjak dibandingkan zoom optik pada iPhone 14 Pro Max 3x, namun masih di bawah Samsung Galaxy S22 Ultra 10x.

7. Harga iPhone 15: Naik atau turun?

“Harga iPhone 15 reguler diperkirakan tetap sama,” menurut analis.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait