East Ventures Suntik Lagi Startup Digitalisasi Bank Komunal

East Ventures menyuntik modal fintech Komunal. Startup ini mendigitalisasi bank perkreditan rakyat (BPR), serta menyalurkan pinjaman online.
Desy Setyowati
17 Januari 2023, 14:50
startup, east ventures
East Ventures
Para pendiri Komunal yakni Rico Tedyono, Hendry Lieviant, dan Kendrick Winoto

East Ventures memimpin pendanaan kepada startup teknologi finansial (fintech) digitalisasi BPR Komunal. Nilainya yakni US$ 8,5 juta atau sekitar Rp 132 miliar.

Investor lain yang berpartisipasi dalam pendanaa tersebut yakni AlphaTrio Sustainable Technology Fund, Skystar Capital, Sovereign’s Capital, Ozora and Gobi Partners.

CEO Komunal Hendry Lieviant menyampaikan, dana segar tersebut akan digunakan untuk menyasar pasar finansial dan memperkuat ekosistem neo-rural bank di Indonesia, terutama di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Tahun ini, kami berharap layanan Komunal dapat memberikan benefit lebih luas, khususnya untuk pengguna dan mitra BPR diluar Jawa dan Bali,” kata Hendry dalam keterangan pers, Selasa (17/1).

“Kami optimistis kolaborasi antara fintech dan incumbent banks, termasuk BPR bakal menciptakan sinergi luar biasa. Komunal melihat potensi kemitraan dengan BPR untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM di kota-kota tier 2 dan 3,” tambah dia.

Ia juga menjabarkan pencapaian Komunal selama tahun lalu, di antaranya:

  1. Menyalurkan simpanan dan pinjaman US$ 230 juta atau sekitar 3,6 triliun. Ini naik 350% secara tahunan (year on year/yoy)
  2. Laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi atau EBITDA positif sejak Oktober 2022
  3. Bisnis tumbuh dan mencatatkan profitabilitas
  4. Menggaet lebih dari 220 BPR dari 19 provinsi

Volume transaksi diperkirakan melebihi US$ 500 juta pada tahun ini.

Startup itu memiliki dua lini bisnis, yaitu;

  1. DepositoBPR by Komunal: aplikasi marketplace pertama untuk produk Deposito BPR
  2. Komunal P2P Lending: Platform pinjaman online alias fintech lending yang menghubungkan UMKM berpotensi dengan para pemberi dana (lender)

Tahun ini, fintech tersebut juga menggandeng mantan petinggi Bank Indonesia (BI) Peter Jacobs sebagai komisaris. Peter memegang beberapa peran strategis seperti Coordinator of World Bank IMF meeting pada 2018 dan Kepala Departemen Jasa Perbankan, Perizinan, dan Operasional Tresuri BI periode 2019-2022. 

“Sebagai pendukung awal Komunal, kami menjadi saksi dari pertumbuhan dan berbagai pencapaian Komunal,” kata Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait